Bertambah 35, Wartawan Kompeten se-Indonesia 19.217

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Digelar dua hari, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII PWI Kalsel di Banjarmasin pungkas, Selasa (12/4/2024) sore. Hasilnya, 35 peserta dinyatakan lulus, alias kompeten sesuai jenjang uji yang diikuti.

“Peserta terdaftar sebanyak 36. Yang hadir 35. Dan semuanya dinyatakan kompeten,” kata Toto Fachruddin, Sekretaris PWI Kalsel saat penutupan.

Menurutnya, 35 peserta yang dinyatakan lulus pada uji kompetensi yang ke-800 dilaksanakan se-Indonesia ini, menambah jumlah wartawan kompeten di negeri ini menjadi 19.217 orang.

“Sebelumnya, jumlah wartawan kompeten se-Indonesia sebanyak 19.182,” kata Toto pada seremoni penutupan dihadiri Anggota Kerhormatan PWI Pusat, Fathurrahman.

Fathurrahman dalam sambutannya saat menutup UKW terselenggara didukung PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan mengatakan, UKW momen penting pada karir kewartawanan. Karena dinyatakan kompeten pada UKW berarti seorang wartawan telah dinyatakan mampu menyampaikan informasi kepada khalayak sesuai kaidah jurnalistik.

Tidak hanya menguji konsep-konsep dasar jurnalistik, menurut Fathurrahman, UKW juga menguji kesabaran, keseriusan dalam berikhtiar, dan pengorbanan.

“Setiap momen ada pengorbanan yang menguji kesungguhan, kesabaran, dan ikhtiar untuk menjadi lebih baik. Saya menyebutnya PSSI, Pengorbanan, Sungguh-sungguh, Sabar, dan Ikhtiar,” kata Fathurrahman. (to/klik)

BACA JUGA :
Pasar Galuh Cempaka, Simalakama Bersengkarut Masalah

Berita Terbaru

Scroll to Top