Pemkab Banjar Komitmen Antikorupsi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Inspektorat menggelar Sosialisasi dan Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Antikorupsi, Senin (3/6/2024) di Hotel Rodhita, Banjarbaru. Kegiatan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Banjar, Habib Idrus Al Habsyi.

Dikatakan Wabup Habib Idrus saat membuka kegiatan, pemerintah daerah menyusun langkah-langkah pencegahan korupsi yang salah satunya adalah melaksanakan sosialisasi antikorupsi dan penandatanganan pakta integritas serta komitmen antikorupsi bagi kepala daerah, wakil kepala daerah dan kepala perangkat daerah.

Selain itu, lanjut Habib Idrus juga dilakukan sosialisasi Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) sebagai upaya untuk mengukur kemajuan pengelolaan risiko korupsi demi memperkuat strategi pengawasan atas masalah korupsi di pemerintah daerah

Dirinya berharap peserta sosialisasi dapat memahami pentingnya pengukuran IEPK dan mengambil langkah-langkah strategis terkait upaya 3 pilar pengukuran IEPK. “Yaitu peningkatan kapabilitas pengelolaan risiko korupsi, penerapan strategi pencegahan korupsi dan penanganan kejadian korupsi,” kata Habib Idrus.

Ia juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama, berkolaborasi dan bersinergi dalam melaksanakan sosialisasi dan kampanye antikorupsi di lingkungan kerja masing-masing.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten Banjar HM Riza Dauly menjelaskan, upaya pencegahan korupsi Pemkab Banjar melalui Survei Penilaian Integritas (SPI) dan Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK tahun 2024

Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan MCP KPK bisa lebih optimal pada tahun ini serta SPI dan MCP KPK di Kabupaten Banjar berada di area waspada, dan berharap pada tahun ini bisa naik ke area terjaga atau zona biru, sehingga penyelenggaraan pelayanan publik bisa lebih baik lagi,” harap Riza Dauly.

Pada kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi konsep dan indikator IEPK oleh Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan, Mohamad Riyanto. (to/klik)

BACA JUGA :
Bersih-bersih Peringati Hari Bumi 2022

Berita Terbaru

Scroll to Top