Anggota DPRD Balangan Harapkan Tradisi Masyarakat Terus Dilestarikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGINKetua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan Hafiz Ansari ikut menghadiri acara menjala atau “Begagap Iwak” di tabat besar kali maraup Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (12/6/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Balangan, Kapolres Balangan, Kepala Pengadilan Balangan, serta Forkopimda dan Tokoh Masyarakat setempat.

Antusias warga desa setempat sangat luar biasa pada acara kali ini, hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang mengikuti acara tahunan tersebut. Berbagai alat tangkap ikan di bawa oleh warga, ada yang membawa lunta, hancau, tangguk dan lain-lainnya.

Ketua Komisi III DPRD Balangan Hafiz Ansari menyampaikan, jika kegiatan ini bukan hanya sekedar acara serominial, namun juga merupakan ajang pelestarian budaya masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga momen kita mengenang kehidupan masa lalu, dimana mencari ikan adalah rutinitas dalam kehidupan sehari-hari,’’ ucapnya.

Acara di mulai dengan dilemparnya lunta oleh Ketua Komisi III DPRD Balangan Hafiz Ansari. Selanjutnya warga beramai-ramai menggunakan alat tangkap masing-masing. Ikan yang di dapat pun beragam, ada ikan haruan, baung, nila dan lain-lainnya.

Bagi warga yang memperoleh ikan terberat mendapatkan hadiah yang langsung di serahkan oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi didampingi unsur muspida lainnya. Dari juara 1 sampai 3 mendapatkan hadiah berupa trophy, sepeda listrik dan uang.

“Kami atas nama pemerintah desa mengucapakan terima kasih kepada Bupati Abdul Hadi dan Anggota DPRD Balangan beserta rombongan yang telah berhadir memenuhi undangan kami pada acara menjala ikan atau Begagap iwak pada tahun ini,” ucapnya.(al/klik)

BACA JUGA :
Ketua Komisi III: Warga dan BPD Awasi Penggunaan Dana Desa

Berita Terbaru

Scroll to Top