Ketua Dewan, Ingatkan Tantangan dan Potensi Balangan Sebagai Penyangga IKN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan menyampaikan poin stategis yang harus diperhatikan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Balangan.

Hal tersebut ia sampaikan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Balangan tahun 2025-2045, Kamis (16/5/2024) di Aula Mayang Maurai, Paringin.

Fauzan menyampaikan, Pemkab harus lebih memperhatikan hilirisasi dari produksi yang telah dicapai atau telah tersedia, agar tidak hanya memperkuat sarana prasarana pendukung saja, namun dari berbagai sisi lainnya.

Kemudian, di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan yang lebih memfokuskan komoditas unggulan sehingga Balangan punya daya saing dan dapat dikembangkan secara masif dan lebih luas dan berklasifikasi industrial.

Destinasi wisata juga menjadi poin strategis yang disampaikan Ketua DPRD agar dapat dikembangkan lagi dan juga dilihat dari wilayah dari wisata tersebut.

Terakhir, kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu ditingkatkan agar bisa bersaing dalam keterbukaan ekonomi.

“Mewujudkan SDM ekonomi kreatif yang unggul dan berdaya saing, sehingga dapat menumbuhkan usaha 4.0 yang semakin beragam,” pungkasnya. (al/klik)

BACA JUGA :
Solusi Warga Positif Covid Nyoblos di Pilkades Serentak

Berita Terbaru

Scroll to Top