Deteksi Kanker Dengan Pemeriksaan IVA dan SADANIS

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, Banjarbaru – Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya membuka Acara Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Guntung Payung Dr Indriyani Yanuareni, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin Fitrah Subhan, dan Ketua TP PKK Kelurahan Syamsudin Noor Ika Maulida.

Kepala Puskesmas Guntung Payung Dr Indriyani Yanuareni, selaku panitia pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Pemeriksaan IVA dan SADANIS di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin, ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan MoU dengan Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin dengan Puskesmas Guntung Payung terkait Pemeriksaan IVA dan SADANIS.

“Hari ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya kita laksanakan di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin. Pada Pemeriksaan IVA dan SADANIS hari ini juga di lakukan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM). Peserta IVA dan SADANIS pada hari ini sebanyak 70 orang,” ujarnya.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyampaikan pemeriksaan IVA dan SADANIS (periksa payudara klinis) yang rutin sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena berguna untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Kedua metode ini bertujuan untuk mendeteksi kanker secara dini, sehingga dampak buruk penyakit ini dapat diperkecil.

Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) adalah pemeriksaan leher rahim (Serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5%. (lin)

BACA JUGA :
Ririen Serahkan Bingkisan Untuk Kaum Dhuafa di Banjarbaru Utara

Berita Terbaru

Scroll to Top