Jelang Haul ke-15 Guru Sekumpul, Dishub Kota Banjarbaru Bersiap

HAUL SEKUMPUL - Jamaah haul yang diantar menggunakan bus milik Dishub Kota Banjarbaru dari kawasan Lapangan Murdjani pada peringatan Haul ke-14 Guru Sekumpul. (dok/klik)

klikkalimantan.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru yang ikut sibuk saban kali pelaksanaan Haul KH Zaini bin Abdul Ghani -umat muslim Banua lebih akrab menyebutnya Abah Guru Sekumpul-. Begitu pun pada Haul ke-15 yang akan digelar Februari tahun depan.

“Pemerintah Kota Banjarbaru, dalam hal ini Dishub, siap mendukung kelancaran terlaksanakanya Haul Guru Sekumpul di Martapur. Termasuk pada peringatan haul tahun depan,” kata Ahmad Yani Makkie, Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Jumat (15/11/2019).

Ahmad Yani Makkie, Kepala Dishub Kota Banjarbaru

Kesiapan haul yang tahun ini menurut Yani Makkie, diharapkan lebih maksimal dibanding pelaksanakan haul sebelumnya. Karena menurutnya, tersedia waktu cukup panjang mempersiapkannya bersama tim relawan dan SOPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar untuk koordinasi dan sinkronisasi, di antaranya; rekayasa lalu lintas dan titik parkir.

Berkaca pelaksanaan haul sebelumnya, ujarnya, beberapa titik parkir yang disiapkan justru tak dapat digunakan Jemaah lantaran tidak sesuai dengan pola rekayasa lalu lintas datang dan kepulangan jamah. “Karena memang waktu itu waktunya sudah sangat mepet,” kata Yani Makki.

Lebih lanjut disampaikannya, Dishub bersama sejumlah SOPD terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) akan menyiapkan sejumalah sejumlah sarana pendukung bagi jamaah Haul Guru Sekumpul. Di antaranya; armada pengangkut jamaah dari lokasi parkir di Lapangan Murdjani, tenda salat dan istirahat untuk jamaah, dan tempat wudhu.

Tak lupa Yani Makkie mengimbau kepada jamaah untuk datang tepat waktu, akan lebih baik lagi datang lebih awal agar pengantaran jamaah dapat dilakukan hingga jarak terdekat dari pusat pelaksanaan haul di Kubah Makam Guru Sekumpul.

“Haul sebelumnya mengantar jamaah hanya sampai di sekitar STM YPK karena sudah terlalu sesak oleh sab jamaah. Padahal mestinya mengantar jamaah mestinya sampai di sekitar Bank Mandiri Sungai Paring,” kata Yani Makkie. (to/klik)

BACA JUGA :  Waspada, Hewan Ternak Rentan Terserang Penyakit di Musim Penghujan