Ratusan Pedagang Lok Baintan Ramaikan Festival Pesona Pasar Terapung 2019

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com – Ratusan pedagang yang masih mempertahankan kearifan lokal, berniaga di atas sampan, warga Banjar menyebutnya jukng d bantaran Sungai Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan antusias ramaikan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 pada, Minggu (17/11/2019).

Menurut Haris Rifani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Banjar, tercatat sebanyak 558 pedagang dari delapan desa di Kecamatan Sungai Tabuk ikuti sejumlah perlombaan pada even tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Disbudpar di Dermaga Lok Baintan Bawah Jembatan Desa Sungai Pinang Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

“Mengusung tema Menggenggam Semangat Tradisi, even tahunan ini merupakan salah satu cara Pemkab Banjar dalam berupaya melestarikan Pasar Terapung Lok Baintan yang masih terjaga keaslianya, sekaligus sebagai ajang promosi wisata yang dalam mendukung visi Kalimantan Selatan 2020 mendatang,” ujar Haris saat menyampaikan sambutan.

Dengan begitu, papar Haris lebih jauh, target terpromosinya destinasi wisata dan daya tarik pengunjung di wilayah Pemkab Banjar baik, wisatawan nusantara maupun mencanegara dapat terus ditingkatkan.

“Opini Kabupaten Banjar yang aman, nyaman, dan potensial untuk berinplementasi dan berwisata sebagai sarana hiburan bagi masyarakat pun dapat terhujud,” harapnya.

Dikatakan Haris, kegiatan festival sebagai even budaya yang dirangkai dengan berbagai perlombaan seperti, Tanglong Jukung, Jukung Hias Tradisional, Penampilan Formasi Jukung, Lomba Fotografi, dan Penampilan Seni Budaya Khas Kabupaten Banjar yang secara resmi dibuka Bupati Banjar H Khalilurrahman, bertabur hadiah puluhan juta rupiah. (zai/klik)

BACA JUGA :
Makna Tersirat Logo “Burung Keruang dan Buah Karamunting” di Hari Jadi ke-22 Kota Banjarbaru