0 Shares

klikkalimantan.com – Sekitar tiga bulan lagi yakni, diperkirakan pada akhir Februari 2020 mendatang. Masyarakat Kalimantan Selatan, khusus di Kabupaten Banjar kembali menggelar hajatan Haul Akbar ke-15 Syekh Maulana Muhammad Zaini bin Adhul Ghani yang mayshur disapa Abah Guru Sekumpul.

Beralokasi di Komplek Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar sebagai pusat kegiatan peringatan Haul ke-15 Ulama Besar kelahiran Kota Martapura yang terkenal dengan keagamisan masyarakatnya di kota berjuluk Serambi Makkah. Seluruh kalangan dan lapisan masyarakat pun antusias berlomba-lomba dalam mempersiapkan kematangan pelaksanaan kegiatan haul, tak terkecuali Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar.

“Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya dalam mensuplay air bersih layak konsumsi untuk ribuan jamaah haul Abah Guru Sekumpul, PDAM Intan Banjar selalu mendapati kekurangan,” ujar Untung Hartaniansyah kepada klikkalimantan.com, Selasa (19/11/2019).

Untung Hartaniansyah, Plt Kabag Produksi (kanan) pada PDAM Intan Banjar.

Sebagai evaluasi PDAM Intan Banjar, papar Untung, dalam memaksimalkan layanan distribusi air bersih, utamanya saat pelaksanaan haul yang saban tahunya dibanjiri jutaan jamaah yang kian bertambah banyak jumlahnya. PDAM Intan Banjar wacanakan pergantian ukuran pipa di Kawasan Kelurahan Sekumpul sebagai pusat kegiatan haul.

“Saat kegiatan haul konsumsi air bersih pasti meningkat hingga lebih dari 100 Liter Kubik per-detik, dibandingkan dengan hari normal biasanya yang tingkat konsumsinya hanya berada di 75 Liter Kubik per-detik. Sedangkan ukuran pipa air bersih terbilang masih kecil dari berdiameter 2-1 Inci,” aku Untung didampingi M Yani, Staf PDAM Intan Banjar.

Untuk itu, khususnya di wilayah Sekumpul Raya, Untung melanjutkan, akan dilakukan pembesaran pipa berdiameter enam inci, seratus enam puluh mili (6.160 Mili). “Pergantian pembesaran pipa kita perkirakan akan rampung hingga selama dua pekan, karena pergantian pipa PDAM Intan Banjar yang sifatnya permanen ini dilakukan sepanjang 600 Meter,” ucapnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Untung pun memastikan, untuk realisasi pergantian pembesaran pipa kemungkinan pekan mendatang akan mulai dilakukan. Mengingat Surat Perjanjian Kerja (SPK) sudah terbit.

“Mudah-mudahan dengan pergantian pipa ini, kegiatan pelaksanaan haul pun dapat berjalan secara maksimal. Seperti tahun kemarin, kita juga dipinta panitia haul untuk mengadakan hidran (air wudhu) di 36 titik yang koordinatnya sudah ditentukan panitia haul. Maka dari itu pelaksanaan pekerjaan kita fokuskan di wilayah Sekumpul saja,” tuturnya.

Kendati, pergantian dimensi pipa dilakukan. Namun, Untung memastikan untuk suplay air bersih yang didistribusikan PDAM Intan Banjar nantinya tidak terganggu, dan hanya berdampak pada koneksinya saja yang bersifat sementara.

“Kita pun nantinya akan mengandalkan dua zona untuk suplay air bersih yakni, zona Martapura dan zona Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mensuplay air bersih layak konsumsi di beberapa kawasan Sekumpul Raya. Mudah-mudahan dapat tercover semua,” tutupnya.(zai/klik)

0 Shares
Advnativ