PJU di Dermaga Sungai Pinang Tak Fungsi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
PJU di Dermaga Sungai Pinang Tak Fungsi. (foto: to/klik)

klikkalimantan.com – Sejumlah fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di kawasan Dermaga Sungai Pinang Lama, Desa Sungai Pinang, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan rusak. Tak berfungsi, tiang-tiang PJU panel surya (solar cell) berdiri tanpa arti.

Dari pantauan klikkalimantan.com bersamaan dengan pelaksanaan even besar, Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Minggu (17/11/2019), setidaknya ada empat tiang PJU panel surya rusak. Terlihat dari semrawut kabel terjuntai di bawah panel surya. Lebih parah lagi, panel surya yang mestinya terpasang dua di tiap tiang, masing-masing tersisa satu. Dalam kondisi itu dipastikan, Dermaga Sungai Pinang lama gulita  kala malam.

Aidil Basith, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar yang punya kewenangan atas pengelolaan dermaga mengakui rusaknya PJU panel surya di Dermaga Sungai Pinang Lama. “PJU bantuan dari pusat yang sudah ada bersamaan dengan dibangunnya dermaga. Bahkan sudah ada sejak saya belum menjadi kepala dishub,” kata Basith, Rabu (20/11/2019)

Ke depannya, kata BAsith, untuk memberdayakan fasilitas yang ada di sekitar dermaga, juga untuk keamanan fasiltas pendukung termasuk PJU, pihaknya akan mengkoordinasikannya dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. Di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

“BPBD jika setiap saat terjadi kejadian kebakaran lahan dan hutan, Dinkes untuk berjaga jika ada kejadian yang membutuhkan pertolongan medis, dan Disbudpar karena di lokasi tersebut menjadi salah satu spot wisata,” kata Basith.

Dengan melibatkan sejumlah instansi lain, menurut Basith diharapkan sejumlah fasilitas yang ada di dermaga terjaga dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. “Keberadaan fasilitas pendukung, termasuk pos di dermaga juga akan lebih bida dimaksimalkan dengan keberadaan petugas di sana,” katanya. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemko Banjarbaru Persiapkan Penyambutan Delegasi W20

TAK FUNGSI – PJU panel surya di Dermasa Sungai Pinang Lama, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan  yang tak berfungsi karena komponen yang hilang.