Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Banjar Tingkatkan Pengamanan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com – Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, jajaran Kepolisian Republik Indonesia, tak terkecuali Polres Banjar laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Intan 2019, Kamis (19/12/2019).

Bertempat di teras Mapolres Banjar, Jalan A Yani, Km38, Kecamatan Martapura, Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Lilin Intan 2019 tersebut diikuti Kodim 100/Martapura, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Damkar, dan Relawan Kesehatan Kabupaten Banjar.

Kapolres Banjar, AKBP Andri Koko Prabowo mengatakan, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2019 tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil Polri dan para pemangku kepentingan untuk mengamankan Hari Natal dan Tahun Baru.

“Operasi Lilin Intan 2019 akan dilaksanakan selama 10 hari, terhitung sejak 23 Desember 2019 – 1 Januari 2020 mendatang, dengan melibatkan 191 ribu lebih personil gabungan dari seluruh Indonesia,” ucap Kapolres Banjar yang kerab disapa Koko Prabowo saat memimpin gelaran apel Operasi Lilin Intan 2019.

Dikatakan Koko Prabowo, ada sekitar 61 ribu objek di seluruh Indonesia yang menjadi fokus pengamanan Oprasi Lilin Intan 2019 kali ini, diantaranya; gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, dan bendara, serta tempat-tempat yang ramai dikunjugi masyarakat saat Natal dan Tahun Baru.

“Ada 12 potensi kerawanan dalam Operasi Lilin Intan 2019 yakni, aksi terorisme, kejahatan kovensional, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, sweeping ormas, penolakan peribadatan, tawuran, kelonjakan harga sembako, kovoi, balap liar, dan kebakaran, serta pesta narkoba,” sebut Koko Prabowo.

Untuk itu, lanjut Koko Prabowo, tak terkecuali wilayah Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjar, pihaknya pun akan menerjukan 500 lebih personila gabungan dalam menjalankan Operasi Lilin Intan 2019, dengan membangun pos-pos pelayanan seperti, di kawasan Kertak Hanyar, Gmbut, dan di depan Kawasan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura yang saban tahunnya dilaksanakan.

BACA JUGA :
Kunker DPRD Kabupaten Banjar di Tengah Pandemi, Penanganan Covid di Paser Lebih Baik?

“Mudah-mudahan semua kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan maksimal, agar bagi masyarakat yang melaksanakan perayaan Natal marasa aman dan nyaman, serta pergantian tahun baru pun dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Kpolres Banjar yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Banjarmasin Timur, dan Ksubit III Ditnarkoba Polda Kalsel ini pun berpesan, kepada seluruh personilnya agar dapat menjaga kesehatan dan meniatkan tugas yang dimandatkan sebagai ibadah.

“Lakukan deteksi dini dan petakan titik rawan dengan tepat dan optimal, sehingga dapat mencegah aksi-aksi yang dapat menimbulkan kecemasan masyarakat. Berikan layanan yang terbaik bagi masyarakat dan tingkatkan kewaspadaan, serta mantapkan kerjasama dan solidaritas dengan instansi-instansi terkait guna keberhasilan pelaksanaan operasi kali ini,” imbaunya.(zai/klik)