Piknik ke Loksado Kian Mudah dengan Si Pandu Wisata

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
M Zakir Maulidi, Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Disporapar Kabupaten HSS

klikkalimantan.com – Aplikasi berbasis android, Sistem Pelayan Terpadu Pariwisata (Si Pandu Wisata) yang digagas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan segera dibagikan.

Aplikasi ini memudahkan calon pengunjung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado untuk mengakses informasi dan melakukan pemesanan pada pelayanan pariwisata yang ada di Loksado mulai dari penginapan, Bamboo Rafting, ojek kawasan, dan pemandu wisata.

“Saat ini aplikasi Si Pandu Wisata masih dalam tahap penyempurnaan. Ada beberapa fitur yang harus diperbaiki,” Kata Moh Zakir Maulidi, Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Disporapar HSS di Kandangan (16/1/2020).

Dia menjelaskan, penyempurnaan yang dimaksud adalah penyempurnaan fitur yang dapat merekam semua transaksi dan jumlah pengakses aplikasi tersebut. Selain itu, fitur lainnya yang masih dikerjakan adalah layanan transfer persekot bagi calon pengunjung.

“Kita akan mewajibkan calon pengunjung untuk melakukan transfer uang muka dulu. Untuk mengantisipasi pemesanan fiktif,” ujarnya.

Aplikasi yang nantinya dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hamandit Makmur ini akan di bagikan pada Februari mendatang. “Paling lambat pekan kedua Februari akan dibagikan gratis,” sebut pria yang akrab dipanggil Om Jack ini.

Sebagai informasi, aplikasi Si Pandu Wisata yang akan dibagikan masih berbentuk versi uji coba (trial version) dan belum bisa diunduh di Playstore.

“Kami akan membagikannya dengan cara share link download saja. Sebab, tentu akan ada perbaikan di sana sini. Jika sudah maksimal, segera di unggah ke Playstore,” pungkasnya. (mif/klik)

BACA JUGA :
Sepakat, KPU Rp40,9 Miliar dan Bawaslu Rp16,2 Miliar