PDAM Intan Banjar Lakukan Pencucian Pipa Distribusi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
LEMBUR - Seorang petugas leding PDAM Intan Banjar lembur menyelesaikan flushing pipa distribusi yang dilaksanakan malam hari.

klikkalimantan.com – Terjadwal sejak 11 Januari 2020, Bagian Distribusi dan Sambungan Pelanggan pada PDAM Intan Banjar melakukan pencucian (flushing) pipa distribusi air leding di sejumlah wilayah di Martapura dan Kota Banjarbaru.

Akhmad Yani, Kepala Bagian (Kabag) Transmisi dan Distribusi belum lama tadi mengatakan, flusing pipa distribusi dilakukan untuk membersihkan kotoran, sedimentasi, dan karat di dalamnya. Karena dalam kurun waktu lama, bagian dalam pipa kotor dan berkarat. Kondisi tersebut tentu berpengaruh pada tingkat kejernihan air leding yang disalurkan kepada pelanggan.

“Flushing pipa distribusi kami laksanakan malam hari sejak pukul sebelas hingga sekitar pukul empat agar proses pencucian tidak mengganggu distribusi air leding kepada pelanggan,” kata Akhmad Yani ditemui di Kantor PDAM Intan Banjar di Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarbaru.

Karena teknisnya, kata Akhmad Yani, sejumlah saluran distribusi pada jaringan pipa distribusi utama di titik tertentu akan ditutup. Tujuannya untuk meningkatkan tekanan air dalam pipa. Tinggi tingkat tekanan air dalam pipa tersebut yang akan merontokkan karat dan membersihkan kotoran di dalam pipa.

Kotoran dan karat dalam pipa, lanjut Akhmad Yani, akan keluar bersama air saat proses pencucian di salah satu saluran pembuangan pada pipa yang dibiarkan terbuka. “Hanya satu saluran yang tetap dibuka dan akan menyemburkan air bersama kotoran di dalamnya saat proses flushing berlangsung,” ujarnya

Disampaikannya lebih jauh, flushing pipa ditribusi utama yang masih terus akan dilaksanakan hingga Februari ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas air leding yang disalurkan untuk pelanggan. “Setelah dicuci, diharapkan air leding yang disalurkan kepada pelanggan akan lebih baik lagi dan lebih jernih,” kata Akhmad Yani. (to/klik)

BACA JUGA :
PDAM Pastikan Suplai Air Bersih BPBD Tak Digratiskan

Berita Terbaru

Scroll to Top