Ada Pasar Murah Jelang Haul Sekumpul, Lima Hari di Lima Lokasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PASAR MURAH - Pasar murah yang dilaksanakan jelang peringatan Haul ke-14 Guru Sekumpul 2019 lalu di pelataran Kantor Kelurahan Sekumpul. Kegiatan sama juga kan dilaksanakan pada peringatan haul tahun ini di lima lokasi berbeda. (foto: dok/klik)

klikkalimantan.com – Sama halnya jelang peringatan hari besar keagamaan, peningkatan permintaan sejumlah bahan keperluan pokok juga rutin terjadi saban jelang peringatan haul KH Zaini bin Abdul Ghani, atau yang lebih akrab disapa Abah Guru Sekumpul.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Jimmy mengatakan, peningkatan permintaan sejumlah bahan pokok terjadi lantaran warga Kabupaten Banjar pada umumnya berkeinginan menyambut  dan menyiapkan untuk keperluan konsumsi tamu haul dari luar daerah.

“Gula, minyak goreng, minyak samin, daging, ayam, dan telor biasanya yang mengalami sedikit kenaikan harga sebelum pelaksanaan haul. Setidaknya demikian dari pantauan kami di tiap jelang peringatan Haul Abah Guru Sekumpul,” kata Jimmy ditemui, Rabu (22/1/2020).

Atas dasar itu, menurut Jimmy, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar disokong Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan telah mengagendakan pelaksanaan pasar murah selama lima hari di waktu dan tempat berbeda.

Jimmy, Kabid Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Banjar

Lima lokasi tempat pelaksanaan pasar murah yang akan menjual sejumlah bahan keperluan pokok di bawah harga pasar, yakni di kantor Kelurahan Sekumpul, Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kelurahan Jawa, kantor Desa Tanjung Rema, dan Desa Inderasari.

Dijadwalkan, pasar murah di Kantor Kelurahan Sekumpul, Tanjung Rema Darat, Kantor Desa Inderasar akan dilaksanakan 18 – 20 Februari. Pekan berikutnya, pada 25 – 26 Februari pasar murah akan dilaksanakan di Kantor Desa Tanjung Rema dan Kelurahan Jawa.

“Lima lokasi dan waktu pelaksanaan itu yang kami sampaikan ke disdag provinsi. Kalaupun berubah tidak akan banyak. Karena dalam hal ini, kami diminta menyiapkan tempatnya, sedangkan untuk barang-barangnya disdag provinsi yang menyuplai bersama beberapa institusi lain, semisal Bulog,” kata Jimmy.

BACA JUGA :
Dewan Beri Atensi Khusus Penyertaan Modal PTAM Bandarmasih, Matnor Ali: Usulannya Bisa Saja Ditolak

Dikatakan Jimmy lebih lanjut, pasar murah jelang pelaksanaan haul upaya antispasi kemungkinan terjadinya lonjakan harga di tengah meningkatnya permintaan barang kebutuhan pokok jelang haul. Pasar murah pula, dilaksanakan untuk membantu masyarakat mendapatkan ejumlah bahan keperluan pokok dengan harga murah. (to/klik)

 

Rencana Jadwal Pelaksanaan Pasar Murah Jelang Haul ke-15 Guru Sekumpul

  • Kantor Kelurahan Sekumpul, Selasa, 18 Februari 2020
  • Kantor Kelurahan Tanjung Rema Darat, Rabu 19 Februari 2020
  • Kantor Pembakal Inderasari, Kamis 20 Februari 2020
  • Kantor Pembakal Tanjung Rema, Selasa 25 Februari 2020
  • Kantor Kelurahan Jawa, Rabu 26 Februari 2020

 

Berita Terbaru

Scroll to Top