klikkalimantan.com – Kepengurusan cabang Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Banjar masa khidmat 2019 – 2024 dilantik, Rabu (12/2/2020). Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Kalimantan Selatan , H Haris Makkie melantik puluhan pengurus di pelataran depan Kampus STAI Darussamalam Martapura.

Lukman Nuryadi, dilantik sebagai Ketua Tanfidziah. Dalam sambutannya ia menyampaikan tiga agenda besar yang akan dilaksanakan lima tahun ke depan, yakni konsolidasi di intenal organisasi, penguatan ideologi NU, dan penguatan finansial organisasi dengan pembentukan sejumlah badan usaha.

Dengan tiga hal itu, Lukman menggadang-gadang asa, masa keemasan PC NU Kabupaten Banjar dapat kembali diraih, masa di mana PC NU Kabupaten Banjar menjadi barometer di Kalimantan Selatan.

“Tidak hanya di sejarah saja. Karena pembawa NU ke Kalimantan Selatan juga dari Kabupaten Banjar. Diharapkan lima tahun ke depan, marwah PC NU Kabupaten Banjar dapat dikembalikan,” kata Lukman.

Terlebih lagi menurutnya, gerbong kepengurusan yang baru dilantik, terdiri dari banyak tokoh berpengaruh. Kepala daerah, mantan kepala daerah, pejabat, hingga anggota dewan.

“Sebagai mustasyar, ada bupati, dua mantan wakil bupati, tiga kepala kemenag, mantan kepala dinas, 13 anggota dewan, dan aktifis. Ini komposisi luar biasa,” kata Lukman.

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang hadir pada prosesi pelantikan dan dilanjutkan musyawarah kerja menyampaikan rasa syukurnya dapat hadir pada pelantikan pengurus dan musker mengusung tema ‘Membangun Kesepahaman Warga NU Kabupaten Banjar’ tersebut.

Menurutnya, NU sebagai wadah berkumpul dan berorganisasi umat muslim ahlu sunnah wal jamaah terbesar di negeri ini. Tak terkecuali di Kabupaten Banjar yang notabene tempat pertama penyebaran NU di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan pelantikan pengurus di tingkat kecamatan. Dilakukan juga pelantikan kepengurusan Gerakan Pemuda (GP) Anshor yang merupakan organisasi otonom di bawah NU. (to/klik)