klikkalimantan.com– Sebanyak 3.313 peserta lulus administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, ikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 di Gedung DR. KH Idam Chalid, Kantor Setda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan di Banjarbaru , 10 – 11 Februari 2020.

Menurut Ajidinnor Ridhali, Sekretaris pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD PSDM) Kabupaten Banjar, berdasarkan jadwal seleksi CPNS 2019 (Mandiri Instansi) wilayah kantor regional VIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banjarmasin menerapkan sistem 4 sesi dalam sehari.

“Di hari pertama, untuk pelaksanaan sesi pertama tes SKD CPNS 2019 diikuti 250 orang peserta, barulah pada sesi kedua, ketiga dan keempat diikuti sebanyak 450 orang peserta. Tapi dihari kedua, pelaksanaan tes SKD CPNS dari sesi pertama hingga ketiga diikuti sebanyak 450 orang peserta. Namun, disesi keempat hanya diikuti 361 orang peserta saja,” ujar Ajidin pada, Rabu (12/2/2020).

Dikatakan Ajidin, ada tiga jenis soal tes SKD CPNS 2019 yang harus dikerjakan peserta baik untuk formasi tenaga kesehatan, pendidikan, dan formasi teknis, yakni tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang akan menilai perilaku terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme dengan jumlah sebanyak 35 soal pertanyaan.

“Kedua, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang akan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia sebanyak 30 soal pertanyaan. Begitupun pada tes ketiga yakni, Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk menilai kemampuan peserta baik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural sebanyak 35 soal yang harus dijawab,” jelasnya.

Ajidin pun memaparkan, untuk penilaian materi TKP akan dilakukan skoring 1-5. Apabila peserta tak menjawab atau salah maka nilainya nol. Sedangkan nilai ambang basisi untuk TKP sebesar 126, TWK sebesar 65, dan TIU sebesar 80.

“Jadi, nilai kumulatif maksimal 500 terdiri dari nilai TKP sebesar 175, TWK sebesar 150, dan TIU sebesar 175. Secara keseluruhan total nilai tes SKD CPNS 2019 Kabupaten Banjar dengan skor di 402,” ucapnya.

Tak hanya itu, Ajidin pun menilai, untuk nilai kelulusan di Kabupaten Banjar dirasa lebih mudah dicapai. Mengingat di tahun sebelumnya untuk passing grade TWK di Kabupaten Banjar sebesar 85, dan sekarang hanya 65.

“Bagi peserta yang lulus tes SKD CPNS 2019, namun tak melengkapi berkas, otomatis namanya akan diblacklist dan tidak dapat lagi mengikuti CPNS tahun mendatang yang diselenggarakan didaerahnya. Tapi dia masih bisa mengikuti ditingkat pusat, begitu peserta yang diblacklist dari pusat masih bisa mengikuti tes CPNS di daerah lain,” pungkas Ajidin mengatakan hampir 1.000 peserta Kompetensi Bidang (SKB) formasi yang masuk pada tes berikutnya.(zai/klik)