Haul ke-15 Guru Sekumpul, Tandon Air Bersih Mulai Didistribusikan ke Dapur Umum

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimmantan.com – Bahu membahu pendukung sukses pelaksaan Haul ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang akan dilaksanakan 29 Februari – 1 Maret terus dilaksanakan banyak kalangan, tak terkecuali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Utamanya ketersediaan air bersih untuk memasak di dapur-dapur umum, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) disiapkan sebanyak 120 tandon air. Berkapasitas tampung 1.200 liter, ratusan tandon mulai didistribusikan hari ini, Selasa (18/2/2020).

“Bersama Bapak Bupati akan melakukan serah terima pinjam pakai sebanyak 95 unit tandon untuk keperluan air bersih dapur umum di Gang Muhabbah, Komplek Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul,” kata Irwan Kumar, Kepala BPBD ditemui klikkalimantan.com, Senin (17/2/2020).

Sedangkan untuk air yang didistribusikan menggunakan 3 unit mobil truk tangki milik BPBD Kabupaten Banjar, dikatakan Irwan Kumar, akan diambil dari sumur yang ada di halaman Kantor BPBD yang sudah mengantongi hasil uji laboratorium layak konsumsi.

“Untuk mempermudah proses suplai air keperluan dapur umum pada kegiatan haul, akan kami sediakan bak penampung air dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ,” ucapnya.

Kendati, jumlah unit tandon yang disuplai ke dapur umum lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni, dilakukan penambahan 10 unit tandon, namun, diakui Irwan Kumar, jumlah tersebut masih belum mencukupi.

“Saat sudah terdata lebih dari 180 unit dapur umum untuk mendukung kegiatan haul. Sedangkan kita hanya memiliki 120 unit tandon, ditambah 30 unit tandon milik Dinas Penataan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten dan provinsi yang kita bagikan berdasarkan permintaan. Masih belum tercover semua,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, papar Irwan Kumar lebih jauh, pihaknya pun di tahun yang akan datang kembali melakukan permohonan penambahan unit jumlah tandon ke Pemkab Banjar guna mendukung kelancaran pelaksanaan haul, serta kegiatan lainya.(zai/klik)

BACA JUGA :
Wabup Bangga Semangat Masyarakat Peringatai Hari Besar Keagamaan

Berita Terbaru

Scroll to Top