Polda Kalsel Siap Kawal Kegiatan Haul ke-15 Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Ratusan petugas Pasukan Keamanan (PAM) Haul ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang masyhur disapa Abah Guru Sekumpul, mengikuti apek Gelar Pasukan PAM Haul di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 08.00 Wita.

Usai bertindak selaku Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan PAM Haul ke-15 Guru Sekumpul mewakili Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Pol Yazid Fanani, Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin mengatakan, kepada seluruh pasukan PAM Haul ke-15 Guru Sekumpul tak terkecuali Polres, dan Polsek sebagai penyangga wilayah agar lebih aktif lagi untuk mengantisipasi kegiatan pelaksanaan Haul ke-15 Guru Sekumpul yang tahun ini kembali diprediksi dihadiri jutaan jamaah dari berbagai wilayah.

“Pertemuan kita dengan sejumlah instansi, dan beberapa stakeholder terkait dalam kegiatan pemantapan pelaksanaan haul hari ini bukan pertama kalinya, melainkan sudah kesekian kalinya,” ujar Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin kepada sejumlah awak media.

Untuk itu, papar Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, melalui kegiatan Apel Gelar Pasukan PAM Haul ke-15 Guru Sekumpul yang digelar di RTH Ratu Zalecha Martapura, pihaknya dapat mengetahui berapa banyak jumlah personil serta sarana prasarana yang dilibatkan nantinya untuk kesiapan pengamana Haul ke-15 Guru Sekumpul.

“Hari ini pun telah kami sampaikan bagaimana technical flow morgen nantinya agar mereka mengerti cara-cara bertindak pada saat berada dilapangan nantinya. Untuk semua pengamanan disetiap ring sudah kita bagi, kalau ada tamu Very Important Person (VIP) datang seperti Presiden misalnya, kita sudah mempersiapkan diri baik terkait bagaiman pengamananya, maupun jalurnya nanti dengan di-backup jajaran TNI, dan relawan Haul ke-15 Guru Sekumpul,” jelasnya.

BACA JUGA :
PSBB Petani Terbedayakan

Dikatakan Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, sebanyak 25.000 orang lebih relawan haul terdiri dari berbagai unsur baik, Polri, TNI, dan Struktural Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) kabupaten/kota, serta masyarakat dipastikan terlibat pada pelaksanaan kegiatan Haul ke-15 Guru Sekumpul pada, 29 Februari – 1 Maret 2020 pekan mendatang.

“Kita pun akan turunkan sekitar 2000 lebih personil yang bertugas melakukan pengaman saat dan peska kegiatan Haul ke-15 Guru Sekumpul berlangsung,” akunya.

Atas partisipasi sejumlah SOPD kabupaten/kota, serta jajaran TNI, dan Polri tersebutlah, Bupati Kabupaten Banjar, H Khalilurrahman sebagai kepala daerah mengucapkan ribuan terimakasihnya.

“Apel Gelar pasukan PAM Haul ke-15 Guru Sekumpul yang dilaksanakan Polda Kalsel ini, adalah sebagai bentuk kesiapan kita dalam menghadapi pelaksanaan Haul Guru Sekumpul yang saban tahunya dihadiri jutaan jamaah dari berbagai wilayah, tak terkecuali pada kegiatan haul tahun ini yang diprediksi dihadiri sekitar 2,5 juta lebih jamaah,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top