Cara BPBD Banjar Picu Peran Aktif Warga Kurangi Risiko Bencana

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BENCANA - Sosialisasi PRB yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Banjar sebagai upaya meningkatkan peran aktif masyarakat mengurangi risiko terjadinya bencana alam. (to/klik)

klikkalimantan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Desa Tatah Pamangkih Laut, Kecamatan Kertak Hanyar, Rabu (26/2/2020). Sehari sebelumnya, Selasa (25/2/2020) sosialisasi PRB juga dilaksanakan di Kelurahan Gambut Barat, Kecamatan Gambut.

Menghadirkan narasumber dari BPBD, PMI, dan dari Kecamatan Kertak Hanyar, sosialisasi yang dihadiri warga setempat direspon positif warga dan tenaga pendamping desa.

Norma, Pendamping Desa Tatah Pamangkih mengatakan, sosialisasi PRB sangat baik dilaksanakan di desa-desa dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi ancaman bencana.

Sosialisasi PRB pula, menurut Norma, upaya baik mengajak masyarakat aktif dan berinisiatif melakukan upaya-upaya pengurangan risiko bencana di tingkat desa.

Sebelum pelaksaan sosialisasi PRB, dilaksanakan juga Sosialisasi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat (PBBM) di dua kecamatan; Kecamatan Gambut, Rabu (19/2/2020) dan di Kecamatan Karang Intan, Selasa (25/2/2020).

Diikuti anggota PBBM yang ada di dua kecamatan tersebut, Sosialisasi PBBM juga melibatkan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Selatan sebagai narasumber bersama BPBD dan PMI.

FPTI menyampaikan materi terkait vertical rescue. Tak hanya penyampaian materi, anggota PBBM yang hadir praktik melakukan penyelamatan korban bencana menggunakan tali temali. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemanfaatan Medsos Hadapi Revolusi Industri 4.0

Berita Terbaru