Bilal Masjidil Haram Kumandangkan Adzan Magrib di Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Puncak pelaksanaan Haul ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (1/3/2020) malam dipadati jutaan jemaah.

Dimulai salat magrib berjamaah yang kumandang adzannya dilakukan Habib Ahmad Al Athos, bilal Masjidil Haram, Mekkah di Mushalla Ar Raudhah.

Selepas magrib, dilanjutkan pembacaan Rawi dan Maulid Habsy dipimpin Imam Mushalla Ar Raudhah, H Sa’aduddin dan dua putra Abah Guru Sekumpul, Muhammad Amin Badalo dan Ahmaf Hafi Badali. Mendampingi pembacaan para ulama dan habaib, satu diantaranya Habib Muhammad bin Abdul Qadir Al Habsy, buyut daripada pengarang Simtudduror, yang diikuti gemuruh selawat dari jutaan jamaah yang hadir memadati seluruh sudut kota Martapura.

Khimatnya pelaksanaan puncak kegiatan Haul Akbar ke-15 Abah Guru Sekumpul pun ditutup dengan pembacaan dzikir, tahmid, dan do’a, serta Shallat Isya berjamaah.

Kendati, puncak kegiatan Haul ke-15 Abah Guru pungkas. Namun, tak semua jamaah beranjak pulang kemasing-masing daerahnya, salah satunya Hanapi, jamaah dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang tiba sejak 28 Februari 2020 lalu di Dermaga Murung, Kelurahan Murung Keraton, Kecamatan Martapura.

“Kami berharap dapat memasuki kawasan pusat kegiatan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Kalau kami tak bisa memasuki kawasan pusat kegiatan, saya bersama 50 orang rombongan lainya akan tetap bertahan dan tidak akan pulang,” ujar Hanapi yang mengaku sudah kali kedua hadir kegiatan haul melalui jalur sungai.

Mengingat papar Hanapi, dengan banyaknya jumlah jamaah yang datang, tentunya tidak mudah agar dapat memasuki kawasan tersebut. Sehingga usai pelaksanaan kegiatan, barulah pihaknya akan berjiarah ke kawasan Sekumpul.(zai/klik)

BACA JUGA :
Bareng Masa Kampanye, Sekumpul Diminta Steril APK Saat Haul

Berita Terbaru

Scroll to Top