H+3 Haul Abah Guru Sekumpul, DLH Masih Sisir Sampah di Sejumlah Lokasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kebupaten Banjar berkoordinasi dengan DLH Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, serta instansi terkait, dan relawan kebersihan Haul ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, tengah sibuk melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah pasca peringatan haul di pusat kegiatan Mushalla Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul pada, 29 Februari – 1 Maret 2020 belum lama tadi.

Menurut, Kepala DLH Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto melalui Achmad Norsailah, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Pertamanan dan Limbah, terhitung sejak 28 Februari hingga H+3 pasca kegiatan puncak Haul ke-15 ulama yang masyhur disapa Abah Guru Sekumpul, pihaknya terus berupaya melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah dibeberapa titik ruas jalan, sudut kota, dan Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional menggunakan transportasi Dam Truck.

“Hingga H+3 usai pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, kita masih melakukan penyisiran sampah di beberapa titik gang, dan samping ruas jalan, hingga samping ruas Jalan A Yani yang juga turut terdampak kegiatan haul,” ujar Achmad kepada klikkalimantan.com pada, Rabu (4/3/2020).

Di sela kegiatan bersih-bersih dan pengangkutan sampah pasca kegiatan peringatan 15 tahun wafatnya ulama yang menjadi panutan masyarakat baik daerah dan luar daerah Kalimantan Selatan, semasa hidup dan wafatnya, khususnya masyarakat di kota yang berjuluk ‘Kota Serambi Makkah’, Achmad pun memastikan penanganan sampah yang dilakukan segera pungkas.

“Untuk sampah di beberapa titik samping ruas Jalan A Yani, Alhamdulillah hari ini sudah clear kita tangani. Mudah-mudahan penanganan sampah ini rampung sesuai dengan target kita yakni, H+3 kawasan sudah clear,” ucap Achmad.

Tak hanya itu, dikatakan Achmad, untuk mengatasi permasalahan sampah pasca haul, sebanyak 1.370 orang petugas kebersihan yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat, baik dari Struktural Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjar dan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, serta relawan tim kebersihan haul pun langsung diterjunkan.

BACA JUGA :
Penilaian Puskesmas Teladan, UPT Puskemas Gambut Patok Target Tiga Besar

“Sehingga, penanganan sampah di ring I, II, dan III pungkas lebih awal. Jadi, kita tinggal menyelesaikan permasalahan sampah di luar pusat kegiatan haul yang sudah terkumpul di TPS Muhibbin, yang saat ini sudah berproses untuk diangkut ke TPA Regional,” pungkasnya.

Achmad pun menambahkan, sampah paska kegiatan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang sudah terkumpul hampir mencapai 800 ton sampah.(zai/klik)