Dinkes Banjar Ajak Tokoh Agama Sambangi Pusat Penyedia Vaksin Rubella di Bandung

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar ,dr Diauddin bersama sejumlah tokoh agama mengunjungi PT Biofarma, penyedia vaksin measles rubbella (MR) di Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/3/2020).

Menurut dr Diauddin, kedatangan ke Biofarma untuk mengetahui tahap demi tahap produksi vaksin MR yang pernah menuai kontra versi.

Selain mengetahui langsung pembuatan vaksin MR, disampaikan pula penjelasan oleh MUI pusat yang membolehkan imunisasi vaksin MR. “Semoga tak ada lagi keraguan di masyarakat, ” harapnya.

Menerima kunjungan dinkes dan sejumlah tokoh agama dari Kabupaten Banjar, dr Mahdun Muhammad dari tim advokasi PT Biofarma mengatakan, vaksin MR aman dan tak mengandung zat haram. “Penggunaan tripsine hanya untuk menggemburkan media tanam, sebelum bibit virus diletakkan,” jelasnya.

Mahsun memberikan contoh layaknya petani yang menggemburkan tanah pakai cangkul, yang kemudian ditaburi bibit. “Cangkul tersebut tripsinnya, dan benih padi tersebut bibit virus yang kita tanam,” imbuhnya.

Sebelum diedarkan vaksin pun terlebih dahulu diperiksa menggunakan alat PCR DNA untuk memastikan tak ada lagi kandungan tripsine di dalamnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Kampanye Germas di Peringatan Hari HIV/AIDS se-Dunia

Berita Terbaru

Scroll to Top