Disperindag Ajarkan Teknik Baru Mencipta Motif Kain Sasirangan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar terus mendorong pelaku industri kecil dan menegah menghasilkan produk-produk inovatif berdaya saing. Berbagai pelatihan dilaksanakan dengan tujuan tersebut.

Salah satunya pelatihan pembuatan kain sasirangan dengan pola kombinasi ekoprint yang dilaksanakan 17 – 22 Februari 2020 di Kecamatan Ketak Hanyar.

Menurut Kepala Disperindag, I Gusti Made Suryawati, pembuatan kain sasirangan kombinasi ekoprint merupakan Teknik baru mencetak dan mewarnai kain dengan bahan-bahan pewarna alami semisal daun dan tumbuhan.

Sebanyak 20 orang mengikuti pelatihan dengan mentor M Arifin dan Anan, perajin kain sasirangan dari Kertak Hanyar yang diketahui mumpuni dalam pembuatan kain khas Banjar ini. Dengan Teknik ekoprint, peserta pelatihan diajarkan membuat desain-desain anyar tanpa meninggalkan motif pakem sasirangan.

Melalui pelatihan ini Made Suryawati berharap, peserta dapat menerapkannya dalam mencipta motif-motif baru sesuai ciri khas masing-masing. “Dapat menambah keahlian serta dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat menambah penghasilan para peserta  untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarganya masing-masing,” ujarnya. (to/klik).

BACA JUGA :
Rahmat Andika Kini Telah Punya Akte Kelahiran

Berita Terbaru

Scroll to Top