Permudah Uji Berkala Kendaraan Bermotor dengan Sekeping Kartu Pintar

klikkalimantan.com – Sistem Informasi Managemen Pengujian Kendaraan Bermotor (SIM PKB), begitu inovasi teranyar Dinas Perhubungan (Dsihub) Kota Banjarbaru pada UPT Pengujian dan Perbengkelan Kendaraan Bermotor (PPKB) ini dimanai.

Magi, Kepala UPT PPKB pada Dishub Kota Banjarbaru mengatakan, SIM PKB nantinya akan menggantikan pola pengujian berkala kendaraan bermotor dari yang semula menggunakan buku menjadi menggunakan smart card. “Seperti keping kartu ATM,” ujarnya.

Menggunakan kartu pintar SIM PKB, pemilik kendaraan akan lebih mudah karena proses pembayaran dilakukan langsung di bank. Pola pembayaran melalui bank tersebut pula, menurut Magi akan dapat memutus mata rantai praktik percaloan.

“Lebih mudah dan aman. Potensi pendapatan daerah pun akan meningkat karena tidak akan ada praktik percaloan lagi dalam pengurusan uji kendaraan,” kata Magi.

Lebih jauh dipaparkan Magi, inovasi ini rencananya akan diluncurkan bertepatan peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Banjarbaru April ini. Karena menurutnya, perangkat mencetak smart card telah siap. “Tinggal menunggu keping kartunya. Karena sampai saat ini kami sedang tahap proses pengadaan keping kartunya. Kebetulan pihak kementerian yang menyiapkan keping kartunya. (*)

BACA JUGA :  TP PKK Kota Banjarbaru Kampanye Pencegahan Covid-19