Perang Melawan Korona di Tingkat Desa, Sungai Tuan Ilir Siapkan Ruang Isolasi ODP

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
RUANG ISOLASI - Relawan Gugus Tugas Covid-19 Desa Sungai Tuan Ilir, Kecamatan Astambul menyiapkan tempat isolasi bagi ODP. (foto: kominfo/klik)

klikkalimantan.com – Perang melawan penyebaran virus korona (covid-19) di Kabupaten Banjar dilakukan hingga tingkat desa melalui pembentukan Desa Tangguh dan Tanggap Covid-19. Di Desa Sungai Tuan Ilir, Kecamatan Astambul, aparat bersama relawan di tingkat desa menyiapkan tempat isolasi bagi orang dalam pemantauan (ODP).

Dewi Erliyani, Ketua Relawan Desa Sungai Tuan Ilir mengatakan, posko yang juga difungsikan sebagai ruang isolasi ODP dilengkapi dua tempat tidur, lemari, kipas angin, kamar mandi, dan toilet. “Kita juga sudah siapkan alat pengukur suhu tubuh,  tensi meter,  oxigen serta APD, ” kata Dewi, Jumat (17/4/2020).

Dipaparkan Dewi, selain disiapkan sebagai ruang isolasi, posko untuk melayani pengaduan dan penanganan, dan penyampaian informasi terkait virus korona kepada masyarakat. “Juga sebagai ruang transit sementara bagi ODP, khususnya warga Sungai Tuan Ilir yang datang dari luar daerah,” imbuhnya

Jika ada warga yang datang, kata Dewi, otomatis ditetapkan sebagi ODP, dan dipantau ada gejala maka ruang isolasi mandiri desa dapat digunakan. Petugas kesehatan dari puskesmas akan dipanggil untuk menangani pasien.

dan jika dalam penanganan diketahui bergejala lanjutan,  lanjutnya maka petugas puskesmas dalam kesatuan gugus tugas akan merujuk pasien yang bersangkutan ke rumahs akit tuk ditangani.

Selain membuat posko Desa Tangguh dan Tanggap Covid -19, juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. “Target kami,  sebelum ramadhan sudah semua rumah warga disemprot disinfektan, ” kata Dewi. (to/klik)

BACA JUGA :
HM Nur Kembali Salurkan Bantuan MPASI Untuk Balita dan Ibu Hamil

Berita Terbaru

Scroll to Top