38 Desa di Kabupaten Banjar Belum Salurkan BLT

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com – Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PermendesPDTT) RI Nomor 6/2020 tentang Perubahan atas PermendesPDTT Nomor 11/2019 tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020, menjadi payung hukum penyaluran Dana Desa (DD) untuk penanganaan wabah virus korona (covid-19) dalam rupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dalam permen tersebut, disebutkan pula nominal BLT yang disalurkan sebesar Rp600.000 per kepala keluarga (KK) selama tiga bulan terhitung sejak April 2020. Meski begitu, di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, puluhan desa belum menyalurkan BLT DD.

Menurut Syahrialuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Banjar, ada 38 desa dari 277 desa di Kabupaten Banjar yang belum menyalurkan BLT dari kucuran DD Tahap I.

“Dikarenakan DD yang disalurkan di tahap I sudah terserap semuanya untuk kegiatan lain,” kata Syahrialuddin ditemui klikkalimantan belum lama tadi.

38 desa yang belum menyalurkan BLT di tahap I, tetap akan menyalurkan BLT di pencairan DD tahap II. “Tetap untuk tiga bulan dengan besaran yang sama. Jadi tidak masalah,” imbuhnya tanpa merinci 38 desa yang belum menyalurkan BLT.

Lebih lanjut dipaparkan Syahrial, mengacu pada PermendesPDTT, desa penerima DD di bawah Rp800 juta wajib mengalokasikan 25 dari total anggaran sebesar 25 persen. Maksimal 30 persen untuk desa penerima DD Rp800 juta – Rp1,2 Miliar, dan maksimal 35 persen untuk di atas Rp1,2 Miliar.

“Di Kabupaten Banjar mayoritas desa menerima di bawah Rp800 juta jadi wajib mengalokasikan untuk BLT sebesar 25 persen,” kata Syahrial.
Dikatakan Syahrial, keluarga terdampak covid-19 penerima BLT DD sebanyak 16.663 keluarga dengan total alokasi anggaran Rp29.993.400.000.

“Itu masih data sementara, karena masih memungkinkan adanya penambahan penerima BLT yang diajukan pihak desa berdasarkan musyawarah desa,” kata Syahrial. (to/klik)

BACA JUGA :
Kasus Dugaan Korupsi DD Astambul Kota Tahap II di Kejari Kabupaten Banjar

Berita Terbaru

Scroll to Top