Program Stimulus Tanpa Bunga di Balangan Sudah Berjalan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Amirul, Kabid Perkebunan pad Dinas Pertanian Kabupaten Balangan

klikkalimantan.com  – Perubahan skema program stimulus berupa pinjaman tanpa bunga bagi para pengumpul atau Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) harus dilakukan, perubahan program untuk menangani dampak pendemi Covid-19 di Kabupaten Balangan berdasarkan saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Perubahan skema ini, Amirul, Kepala Bidang (Kabid)Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, jika sebelumnya direncanakan jika pinjaman tanpa bunga pagi sektor perkebunan karet dilakukan langsung oleh pemerintah daerah.

Namun karena atas saran BPK, menurut Amirul, diubah berupa pinjaman ke bank namun bunga pinjamannya tetap ditanggung pemerintah daerah. “Jadi program stimulus pinjaman tanpa bunga sebetulnya tetap dijalankan, namun sumber pinjaman berasal dari bank dan kita hanya membayarkan bunganya saja selama enam bulan pertama,’’ bebernya.

Hingga kini, lanjut Amirul, suda ada beberapa UPPB dan Pengumpul karet yang kreditnya sudah cair di Bank yang termasuk dalam program stimulus yang dijalankan ini.

“Menurut data kita sudah ada sekitar Rp1,4 Miliar kredit yang disalurkan dalam program stimulus ini. Untuk beberapa pengaju kredit lainnya masih menunggu proses bank, kita hanya menjamin bunganya saja sedangkan untuk proses pinjaman itu domain bank dengan pemohon kredit,’’ ungkapnya.

Besaran dana yang disediakan sendiri, kata Amrullah, pihaknya menyadiakan anggaran sekitar Rp200 Juta lebih untuk pembayaran bunga pinjaman selama 6 bulan pertema, sehingga dengan asumsi besaran tersebut bisa merealisasikan besaran pinjaman di bank sebasar Rp7 Miliar.

Sekedar untuk diingat, semula tim gugus tugas berencana mengangarkan untuk program stimulus ini sebanyak  Rp13 Miliar, namun karena adanya perubahan perencanaan berdasarkan skala prioritas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID- 19 Balangan, maka diturunkan menjadi Rp7,135 Miliar. (gian/klik)

BACA JUGA :
Perumda PBB Kabupaten Banjar Segel Warung di Pasar Belauran Martapura

Berita Terbaru

Scroll to Top