Kapolda dan Danrem Antasari Kunjungi Kampung Tangguh di Batulicin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Klikkalimantan.com, BATULICIN – Sehari setelah mengunjungi Kampung Tangguh Banua Desa Mekarjaya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH bersama Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah berlanjut mengunjungi Posko Kampung Tangguh Banua di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (26/6).

Sedangkan Gubernur Kalsel dalam pencananganan Kampung Tangguh Banua kali ini diwakili Asisten Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan Ir H Sugian Noorbah.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda dan rombongan yang didampingi Bupati Tanbu H Sudian Noor meninjau rumah isolasi mandiri warga yang dipersiapkan jika warga setempat sedang terpapar. Serta menyaksikan simulasi pemulasaraan jenazah akibat Covid-19 yang dilakukan warga desa setempat.

Menurut Kapolda Nico Afinta,  ada 5 strategi menghadapi penanganan Covid yang sudah didiskusikan dengan Pemerintah Daerah. Yakni peningkatan kapasitas PCR, penambahan tempat tidur di Rumah Sakit dan rumah isolasi mandiri, pembentukan kampung tangguh, operasi penegakan disiplin, dan efesiensi penggunaan anggaran. “Tujuan program ini sendiri adalah mengarah pada penguatan kampung tangguh,” katanya.

Kapolda mengaku bangga melihat Desa Batulicin Irigasi di bawah kepemimpinan Bupati Tanah Bumbu ini, dimana kegiatan ini telah berjalan luar biasa. “Saya bangga dengan desa ini dan bangga dengan Bupatinya. Dilihat dari kebersihan, ketahanan pangan, kesehatan masyarakat maupun ketahanan pangannya, nampak terlihat disini,” ujarnya.

Dengan keseriusan warganya menerapkan Kampung Tangguh, papar Kapolda Kalsel ini, maka Desa Batulcin Irigasi diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

“Kekuatan dan ketangguhan suatu kampung akan menjadi pokok kekuatan provinsi dan bangsa kita pada saat menghadapi musibah pandemi Covid ini,” imbuhnya.

Kades Batulicin Irigasi Supriyadi sendiri mengatakan, wara desanya sudah menerapkan pola kampung tangguh ini sebelum ada pandemi Covid-19. “Jadi sudah dijalankan sejak beberapa bulan sebelumnya. Harapan kami kegiatan ini terus berlanjut hingga pandemi Covid-19 berlalu, karena dasar yang kami lakukan adalah prinsip PHBS atau prilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

BACA JUGA :
DWP se-Kalsel Dikukuhkan Lewat Video Conference

Sementara itu, kunjungan ke Bumi Bersujud tersebut disambut Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki, Dandim 1022/TNB Letkol Czi. Bintarto Joko Yulianto, Danlanal Kotabaru/TNB Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, Camat Karang Bintang Muhammad Hidayat.(mud)