Waspadai Penyakit Peralihan Musim!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
WASPADA - Demam Berdarah salah satu penyakit yang mesti diwaspadai di masa perubahan muslim seperti sekarang ini. (foto: net/klik)

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini, kadang panas kadang hujan, mendapat perhatian dari para rakyat di DPRD Kota Banjarmasin. Mereka meminta masyarakat agar lebih waspadai terhadap penyakit yang kerap menyerang saat peralihan musim.

Tak hanya tetap mawas diri terhadap Virus Corona atau Covid-19, penyakit akibat peralihan musim juga patut diwaspadai seperti DBD, influensa atau flu, demam, cacar air, TBC. Tak terkecuali, penyakit tidak menular akibat tidak menerapkan pola hidup sehat.

“Selain Covid-19, penyakit yang mudah timbul dan menyebar di tengah masyarakat terutama di musim-musim peralihan seperti sekarang ini juga harus tetap diperhatikan,” ujar anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Zainal A Husni, kepada klikkalimantan.com kemarin.

Zainal A Husni, Anggota DPRD Kota Banjarmasin

Zainal menyebutkan, semua penyakit tersebut sangat mudah menyerang tubuh manusia yang memiliki daya tahan tubuh lemah. “Sedangkan kondisi daya tahan tubuh manusia sangat rentan di musim pancaroba seperti sekarang,” ujarnya.

Selain itu, papar Zainal, musim pancaroba dengan intensitas hujan yang masih tinggi juga akan menimbulkan genangan-genangan air di tengah lingkungan masyarakat. Genangan air tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit.

“Nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebar penyakit DBD. Nyamuk tersebut menjadikan genangan air sebagai tempatnya berkembang biak. Masyarakat tetap harus menjaga kebersihan lingkungannya,” katanya.

Karenanya, Zainal mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan gerakan menguras menutup mengubur (3M) tempat-tempat yang bisa menimbulkan genangan air. Ditambah lagi, menaburkan bubuk abate di tempat air yang sulit dikuras dan membersihkan lingkungan sekitar rumah.

Selain itu,  untuk mencegah terjangkit penyakit-penyakit lainnya, masyarakat pun diimbau melaksanakan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Seperti misalnya mencuci tangan sebelum makan, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

BACA JUGA :
Disebut akan Kembali Maju pada Pilkada Kalsel 2024, Zairullah Mengaku Masih Ingin Fokus Urusi Anak Yatim

“Perhatikan asupan makanan dengan pola gizi seimbang, serta budayakan hidup bersih dan lakukan olahraga. Selain penyakit yang lazim ditemuai, cara ini juga akan mencegah terjangkitnya Virus Covid-19, ” pungkasnya.(sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top