Pesanan Hewan Qurban Agak Sepi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Setiap perayaan Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan ternak baik kambing maupun sapi mengalami peningkatan yang cukup drastis. Langganan pemasok hewan untuk Banjarmasin adalah Pulau Madura (Jawa Timur), Sulawesi, serta sejumlah kabupaten di Kalsel seperti Pelaihari.

Berbeda dengan tahun-tahun yang lewat, perayaan Hari Raya Idhul Adha tahun 2020 ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Akibatnya, para pedagang hewan tidak berani menyetok terlalu banyak hewan qurban. Pasalnya, pemesanan hewan qurban relatif sepi.

H Udin misalnya. Penjual hewan qurban di kawasan Basirih ini mengaku tidak berani mendatangkan terlalu banyak hewan qurban jenis sapi dari Pulau Jawa dan Madura. Sebab, pemesanan hewan qurban tahun ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini kita siapkan hewan qurban berdasarkan jumlah pesanan saja. Pesanan tidak seramai tahun lalu. Jadi kita tidak berani menyetok sapi terlalu banyak,” ucapnya kepada klikkalimantan.com.

Biasanya, sebut H Udin, pesanan pembelian hewan qurban sudah terjadi satu bulan sebelumnya. Di saat seperti ini, pesanan mulai ada tiga minggu atau setengah bulan sebelum hari raya. “Kalau soal harga tidak banyak perubahannya dari tahun lalu,” ujarnya. (sin/klik)

BACA JUGA :
Pemko Banjarmasin Siap Terapkan SKB Tiga Menteri

Berita Terbaru

Scroll to Top