Pemko Diminta Jalin Kerjasama dengan Operator Seluler

(Foto : istimewa/klik)

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin diminta menjalin kerjasama dengan operator seluler yang ada di Kalimantan Selatan, untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem pembelajaran daring atau online.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin, kepada klikkalimantan.com di sela Rapat Badan Musyawarah (Banmus), Kamis (23/7).

Menurut Yamin, kendala terbesar dari semua keluhan terkait pembelajaran daring  adalah jaringan internet dan kuota. Sebab, setiap ingin membuka materi video harus streaming dan membutuhkan banyak paket data.

“Harusnya ada kerjasama pemerintah dengan operator seluler dalam masalah ini. Misalnya dengan memberikan layanan internet gratis pada jam-jam tertuntu bagi murid,” katanya.

Yamin menyebutkan, kerjasama dengan operator seluler merupakan salah satu langkah yang bisa diambil Pemerintah. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran siswa bisa terakomodir seluruhnya.

“Kita maklumi tidak semua orangtua siswa mampu membeli smarphone dan kuota internet. Apalagi keadaan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini sedang menurun. Tentunya, dalam hal ini peran oeprator seluler sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Langkah kerjasama yang bisa diambil, sambung politisi Partai Gerindra ini, yakni dengan memberikan layanan gratis, paket data dengan harga murah, atau dengan memberikan promo layanan pendidikan.

“Layanan seperti ini yang sangat dibutuhkan oleh orangtua siswa. Agar, pendidikan kita tetap berjalan dengan baik. Apalagi, pendidikan di Banjarmasin menjadi barometer pendidikan di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (sin/klik)

BACA JUGA :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Banjar Tingkatkan Pengamanan