1.064 Warga Tanbu akan Di-Swab Masif

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
(Foto : net/klik)

Klikkalimantan.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Swab Masif secara virtual bersama Kabupaten/Kota se-Kalsel, Rabu (12/08) siang.

Salah satu peserta rakor yakni Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu). Pada rakor tersebut, Pemkab Tanbu melaporkan rencana kegiatan swab masif di Bumi Bersujud.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tanbu H Setia Budi, melaporkan rencana pelaksanaan swab masif dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 17 Agustus 2020. “Launching swab masif di Tanbu dilaksanakan 14 Agustus 2020 di halaman Kantor Bupati,” katanya.

Setia Budi menyebutkan, target swab masif ini sebanyak 1.064 orang, dengan kelompok sasaran kontak erat kasus konfirmasi yang belum di-swab, orang atau penduduk yang memenuhi kriteria suspek Covid-19 dan belum diswab, orang atau penduduk yang memenuhi kriteria probable Covid-19 dan belum diswab, serta kelompok khusus yang berisiko.

“Untuk menyukseskan swab massif ini, Pemkab Tanbu meyiapkan 16 tenaga surveilan dan 14 tenaga khusus pengambil swab,” ujarnya.

Sedangkan laboratorium pemeriksa PCR Covid-19 disebutkan ada dua tempat. Salah satunya di Balitbangkes Tanbu dengan kapasitas 234 sampel/hari. “Untuk kapasitas karantina disiapkan sebanyak 6 tempat dengan rincian 3 hotel, 1 RSUD, 1 Rusunawa, dan KTB,” ucapnya

Pada kesempatan itu pula disampaikan data logistik Covid-19 di Tanbu seperti ketersediaan baju hazmat, masker, sarung tangan, faceshield, sepatu boot, kacamata, dan lainnya.

Rakoor dengan BPBD Prov Kalsel ini dihadiri Kepala Dinkes Tanbu H Setia Budi, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Eryanto Rais, Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah, Kabag Kesra Setda Tanbu H Akhmad Fauzi, dan perwakilan dari Kodim 1022 Tanbu.(mud/klik)

BACA JUGA :
Syaifullah Tamliha Kembali Salurkan Bantuan Alkes