Banjarmasin Tuan Rumah Festival HAM 2020

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
(Foto : Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin Lukman Fadlun (kiri-berkacamata.red) mengikuti rapat kesiapan pelaksanaan Festival HAM Tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara daring, di Ruang Command Center, Balai Kota Banjarmasin, Senin (24/08).

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2020. Pemerintah Kota (Pemko) pun tengah bersiap untuk menggelarnya, yang direncanakan akhir tahun ini.

Penetapan Kota Banjarmasin sebagai tuan rumah Festival HAM 2020 melalui rapat koordinasi antara Komnas HAM melalui Bagian Dukungan Penyuluhan yang digelar secara online pada Jum’at (05/06/2020).

Hadir dalam acara tersebut Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan, Beka Ulung Hapsara, serta Non-Governmental Organization (NGO) dan lembaga-lembaga lain yang terlibat dalam penyelenggaraan Festival HAM 2020.

Festival HAM 2020 merupakan hasil kerjasama antara Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), International NGO Forum on Indonesia Development (INFID), Kantor Staf Presiden (KSP), serta  Pemerintah Kota Banjarmasin.

Festival HAM adalah salah satu media yang digunakan untuk membumikan konsep dan nilai-nilai hak asasi manusia pada pengelolaan pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia. Namun, pelaksanaannya perlu dikaji ulang karena pandemi Covid-19 yang masih bersarang di Indonesia.

Tentunya, sebagai tuan rumah penyelenggarakan Festival HAM 2020 Banjarmasin sangat antusias dalam penyelenggaran Festival HAM 2020. Namun, pandemi Covid-19 membuat Komnas HAM dan sejumlah pihak penyelenggara Festival HAM 2020 perlu berstategi dalam penyelenggaraan Festival HAM 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Menjawab tantangan tersebut, Pengampu Festival HAM 2020, Rusman Widodo, mengungkapkan, “Kami telah membuat enam skenario terkait penyelenggaraan Festival HAM 2020 yang rencananya akan digelar secara online ataupun offline yang disesuaikan dengan situasi yang terjadi.”

Walikota Banjarmasin pun setuju dengan skenario yang dibuat dan pelaksanaannya disesuaikan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada). Dimana, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan festival dilaksanakan sesudah Pilkada.

BACA JUGA :
Kasus Tanda Tangan, Sekwan Kembali Dipanggil Satreskrim Polres Banjar

“Pelaksanaan Pilkada dilaksanakan pada tanggal sembilan Desember, saya mengusulkan untuk acara offline Festival HAM dilangsungkan satu minggu setelah pelaksanaan Pilkda,” ucapnya.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Festival HAM 2020. Pemko Banjarmasin diwakili Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin Lukman Fadlun mengikuti rapat kesiapan pelaksanaan Festival HAM Tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara daring, di Ruang Command Center, Balai Kota Banjarmasin, Senin (24/08).

“Intinya untuk menyampaikan progres persiapan festival yang akan kita laksanakan. Termasuk apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan,” ucap Lukman Fadlun, usai mengikuti rapat tersebut. (sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top