Aparatur Desa Dilatih Manajemen Pemerintahan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) melaksanakan Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa tentang Manajemen Pemerintahan Desa, Selasa (13/11/2018).

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar di Inderasari, Martapura, sebanyak 240 aparatur desa mengikuti pelatihan yang dihadiri dan dibuka Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Bupati yang akrab disapa Guru Khalil H Khalilurrahman mengarahkan para pembakal menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa dengan baik, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengajak semua yang berhadir di sini agar membangun komitmen bersama untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, dan partisipatif,” kata Guru Khalil.

Kepada para peserta ia berharap, agar menggali ilmu dan saling bertukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan aparatur pemerintah desa.

Sehingga usai pelatihan, lanjutnya, peserta mampu memahami kebijakan pemerintah, dalam tata kelola pemerintahan desa, kaidah-kaidah penyusunan peraturan desa, memahami prinsip pengawasan dana desa yang berintegritas dan profesional.

Menyambung bupati, Kepala DPMPD H Aspihani mengatakan, total peserta pelatihan tahun 2018 1.385 orang dibagi 5 angkatan, terdiri dari 5 orang per desa di wilayah Kabupaten Banjar.

Pelatihan yang dilaksanakan hari itu, menurut Aspihani angkatan ketiga Aspihani dari desa di tiga kecamatan; Kecamatan Kertak Hanyar, Beruntung Baru dan Karang Intan.

“Jumlah desa berhadir pada hari ini sebanyak 48 desa. Dihitung jumlah peserta, satu desa lima orang peserta,” katanya. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Ikan Segar untuk 30.500 KK Selama PSBB