HAS Inginkan Reteil Modern Jadi Sarana Peningkatan UMKM

16
0 Shares

Klikkalimantan.com, PARINGIN – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan H Abdul Hadi – H Supiani (HAS) menjadikan pengembangn UMKM salah satu skala prioritas yang akan dibenahi nantinya jika terpilih.

Calon Bupati Balangan Nomor Urut 1, H Abdul Hadi, menyayangkan kondisi saat ini dimana tidak terlindunginya Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari adanya ritel modern.

“Secara tidak langsung keberadaan ritel modern ini membunuh secara perlahan UMKM kita. Tapi karena sudah terlanjur ada di Balangan maka kedepan akan kita gandeng untuk juga membina UMKM di daerah, termasuk pemasaran produk membantu pemasaran produk UMKM,’’ ujar Abdul Hadi.

Ia mengatakan, luar biasa Kabupaten HSU, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) maupun Kabupaten Tabalong hingga saat ini tidak mengizinkan adanya ritel modern, sebagai bentuk nyata perlindungan pemerintah daerah terhadap UMKM.

“Saya tidak mengatakan pemerintah daerah sekarang ini sedang membunuh UMKM kita, tapi berdirinya ritel modern ini secara tidak langsung membunuh dan tidak memberikan kesempatan kepada kawan-kawan UMKM kita untuk tumbuh dan berkembang seperti daerah lainnya,” katanya.

Padahal menurut Abdul Hadi, UMKM memiliki peranan yang sangat vital bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena, ditengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 pelaku UMKM masih tetap bisa bertahan.

“Tentu ini menjadi salah satu program utama kami kedepannya dalam rangka mendorong sebagai sumber ekonomi kerakyatan yang harus kita lindungi dan bantu,” terangnya.

Caranya kata Abdul Hadi, adalah peningkatan produktivitas UMKM, sehingga UMKM kreatif sebagai tujuan untuk peningkatan penghasilan dan kesejahteraan keluarga bisa tercapai.

Untuk pencapaian UMKM kreatif, Abdul Hadi memaparkan, ada beberapa upaya yang siap dilakukannya. Pertama mendatangkan tenaga ahli yang bisa mengembangkan kreativitas pelaku UMKM menjadi kreatif. Lalu, upaya kedua ialah perlu datangkan teknologi supaya produksi usaha lebih bagus.

BACA JUGA :  Edy Didukung Kaum Milenial

“Jadi, kita berikan mesin cetak duit bukan memberi duit,” imbuhnya.

Upaya lain untuk UMKM kreatif, adalah membantu permodalan para pelaku usaha tersebut.

Abdul Hadi juga menyampaikan, jika UMKM ini diberikan perhatian khusus maka nantinya akan mampu menjadi penopang utama kejayaan ekonomi Balangan di masa datang.

“Mari kita bersama-sama membangun dunia UMKM, kami yakin HAS mampu melakukannya bersama masyarakat Balangan,” ucapnya.

0 Shares
Advnativ