Rencana PD Pasar Menaikkan Tarif Retribusi, Ini Kata Pedagang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Mengejar target peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), PD Pasar Bauntung Batuah mewacana akan menaikan retribusi sewa tempat usaha dan kebersihan tahun depan.

Rencana yang sudah disampaikan ke komisi II DPRD Kabupaten Banjar, Senin kemarin ini menuai beragam komentar pedagang yang umumnya masih keberatan jika ongkos retribusi dinaikkan.

Muslimah salah seorang pedagang di Pasar Martapura menuturkan, jika kenaikan ongkos sewa tempat dan kebersihan terlalu signifikan, tak menjadi soal. Namun sebaliknya, jika kenaikan tinggi, Acil Mus, begitu pedagang pisang ini biasa disapa, mengaku keberatan.

Kenaikan biaya sewa wadah usaha; kios, bak, dan lapak, dan retribusi kebersihan yang terlalu tinggi dirasa akan kian memberatkan. Terlebih lagi menurut Acil Mus, penghasilan menjual pisang tak sebesar dulu.

“Kalaunya larang jelas tidak sanggup, apalagi bejualan sekarang sepi,” kata Acil Mus yang menyebutkan hasil penjualan saat ini setengah penjualan dulu yang per harinya mencapai Rp2 juta.

Senada Acil Mus, Hilmani, pedagang lain mengungkapkan, tidak mempersoalkan jika nantinya benar ada penyesuaian tarif retribusi yang saat ini sebesar Rp1.000. Hanya saja ia berharap, kenaikan tarif diiringi perbaikan fasilitas penunjang yang ada di pasar.

“Tidak masalah, yang penting fasilitas pasar dan fasilitas penunjang perbaiki dan ditingkatkan lagi,” kata Muslim. (zai/klik)

BACA JUGA :
Banjir di Hilir Kabupaten Banjar Terjadi Peningkatan

Berita Terbaru

Scroll to Top