‘Rumah Pajang’ Tempat Menjual Produk Lokal Unggulan 8 Desa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PRODUK LOKAL - Bupati Banjar H Khalilurrahman melihat-lihat sejumlah produk lokal unggulan delapan desa yang dijual di ‘Rumah Panjang’ Bundes Mart 8 Bersaudara. (foto: zai/klik)

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten Banjar (Pemkab) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaunching ‘Rumah Pajang’ Bumdes Mart 8 Bersaudara, di Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, Jalan Taruna Praja RT 1, Kamis (13/12/2018).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Banjar, Aspihani mengatakan, tujuan di bangunkannya ‘Rumah Pajang’ Bumdes Mart 8 Bersaudara gabungan bumdes di dua kecamatan; Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Barat.

“Masing-masing empat desa, Desa Sungai Sipai, Tungkaran, Cindai Alus, dan Pasayangan di Kecamatan Martapura, dan Desa Penggalaman, Sungai Batang, Sungai Batang Ilir, dan Sungai Rangas Hambuku di Kecamatan Martapura Timur,” kata Aspihani.

‘Rumah Panjang’, lanjutnya, menjadi wadah menjual berbagai produk lokal unggulan. Keberadaannya diharapkan mendorong pengembangan ekonomi masyarakat di Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan perpaduan pembangunan antar desa dalam satu kabupaten sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Ujung keberadaan ‘Rumah Panjang’ yangs aat lauching dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman ini, dikatakan Aspihani, meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan serana dan prasarana, pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, keberadaan ‘Rumah Panjang’ Bumdes Bersa (Bumdesma) sesuai UU 6/2014 tentang Desa, dan Peraturan Menteri (Permen) Desa DPT & Transmigrasi 5/2016 tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Ia berharap, keberadaannya terus berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Mudah-mudahan ini bisa bekembang, dan mungkin nanti  tidak hanya di delapan desa. Sehingga tahun yang akan datang dapat meningkatkan kesejahteraan masayakat,” kata bupati. (adv/zai/klik)

BACA JUGA :
Hari Santri Nasional, Bupati: Saatnya Santri Mengambil Peran

Berita Terbaru

Scroll to Top