Stadion Demang Lehman Disiapkan Tampung Ribuan Jemaah Haul Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Sudah menjadi agenda saban tahunnya jelang peringatan Haul Akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) menyiapkan penginapan gratis untuk jamaah lengkap dengan area parkirnya di Stadion Demang Lehman (SDL) Desa Indrasari Kecamatan Martapura.

Menurut M Hilman, Kepala Dinas PUPR Banjar, hal tersebut guna mendukung kelancaran peringatan haul ulama yang kerab disapa Abah Guru Sekumpul pada 9-10 Maret 2019 mendatang di Komplek Arraudhah, Kelurahan Sekumpul yang kembali diperkirakan akan dihadiri ribuan jamaah.

“Tentunya, dengan fasiltas lengkap yang dimiliki SDL akan sangat membantu keperluan para jamaah haul yang nantinya menginap ditempat tersebut. Kami pun, akan memfasilitasi lahan parkir, namun masih menunggu koordinasi dari panitia posko induk sekumpul, terkait lahan yang mana akan digunkan. Selanjutnya kita land clearing membersihkan lahan tersebut,” kata M Hilman, Jumat pekan kemarin.

Serta, pihaknya pun akan mempersiapkan infrastruktur jalan yang lebih baik untuk kenyamanan para jamaah menuju kawasan Kelurahan Sekumpul, dengan melakukan perbaikan-perbaikan hingga pengadaan lahan sebagai akses baru dari kawasan luar Mataraman-Sungai Ulin menuju ke kawasan SDL.

“Dengan adanya jalan baru ini, tentunya bagi bus-bus besar yang datang dari Tanah Bumbu, Tanah Laut, Kalimantan Tengah (Kalteng), Barito Kuala, dan Banjarmasin akan lebih mudah menuju SDL. Sehingga kendala yang terjadi seperti tahun sebelumnya dapat teratasi, mengingat kebanyakan para jamaah itu datang di H-2. Dan, akses baru ini juga diharapkan dapat memperlancar akses keluar masuk nantinya,” harapnya.

Dan hingga saat ini, papar Hilman lebih jauh, pihaknya masih mengupayakan untuk pengadaan keperluan alas tidur, terutama bagi yang mau membantu sehingga jamaah yang menginap merasa lebih nyaman. Mengingat semua fasilitas lainya sudah terpenuhi, baik listrik, toilet maupun tempat mandi.

BACA JUGA :
Bupati Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Sukseskan Haul ke-14 Guru Sekumpul

“Kita nanti bekerjasama dengan Martapura FC Diamond Supporter (Moster) sebagai tim panitia pelaksanakanya. Dari 1.000 orang yang kita tampung di SDL nantinya akan kita kategorikan, mana perempuan dan mana yang laki-laki, hingga yang berkeluarga sekalipun kita pilah agar penginatapan gratis tersebut nyaman digunakan,” tutupnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top