Kabupaten Banjar Siap ‘Menuju Gerakan 100 Hari Smart City’

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Ingin tetap terus eksis dengan perkembangan teknologi informatika sebagaimana kota-kota besar di Indonesia, Kabupaten Banjar juga terus bergerak memanfaatkan teknologi komunikasi dan informatika dalam pelayanan masyarakat serta administrasi pemerintahan.

Tim Smart City Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar telah memenuhi undangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dalam acara assisment ‘Menuju Gerakan 100 Smart City’ di Gedung Pusat TIK Nasional, Ciputat,Tangerang Selatan, Kamis (21/2/2019).

Dipimpin Bupati Banjar H Khalilurrahman, Tim Smart City juga menyertakan Sekda Banjar H Nasrunsyah, Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian HM Farid Soufian, Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra, Kadis Kesehatan Ikhwansyah, Direktur RSUD Ratu Zalecha H Topik Norman Hidayat, Kepala BPKAD Achmad Zulyadaini, Kepala Disdukcapil Azwar, Kepala Bapenda H Syahrial, dan sejumlah pejabat Pemkab Banjar lainnya.

‘Gerakan Menuju 100 Smart City’ merupakan kerjasama antara Kementerian Kominfo, KemenPAN-RB, Kemenkeu, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, staf kepresidenan dan Kompas Gramedia.

Gerakan Menuju 100 Smart City dimaksudkan agar seluruh daerah di Indonesia memanfaatkan secara maksimal kemajuan teknologi komunikasi dan informatika.

Pada 2019 ini diharapkan ada 100 kabupaten/kota yang menjadi pionir sebagai Smart City. “Kita telah menyampaikan program Smart City yang sedang kita bangun kepada tim penilai Asessor , Semoga saja, kita terpilih sebagai salah satu daerah dari Gerakan 100 Smart City,” jelas Bupati H Khalilurrahman.

Ditambahkan Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian bahwa bersama Kabupaten Banjar juga diundang 164 kabupaten dan kota lainnya, mempresentasikan program smart city di daerahnya, di hadapan tim penilai yakni Herry AbduL Aziz Staf Ahli menteri Kominfo RI serta sejumlah pakar Smart City dari kalangan akademisi dan praktisi.

BACA JUGA :
Dikunjungi Komisi V DPR RI, Wali Kota: Banyak Sarana dan Prasarana harus Dibangun

Bagi daerah yang terpilih nantinya akan mendapatkan pendampingan dalam menyusun Masterlpan Smart City Kabupaten Banjar dari Kementerian Kominfo RI dan kementerian terkait.
“Masterplan ini nantinya sebagai petunjuk/arah untuk mewujudkan kabupaten Smart City yg sejahtera dan barokah, serta menjadikan Smart City sebagai solusi untuk merealisasikan Visi dan Misi Bupati Banjar, 2016-2021 jelasnya dan juga diiyakan Kabid Pengembangan E-Government Dinas Kominfo Banjar Cornelius Kristianto.

Smart City lanjut dia, bukan hanya berkaitan dengan teknologi informasi tetapi bisa juga kearifan lokal untuk menyelesaikan permasalahan di daerah secara Smart. (adv/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top