Diskominfo Latih Aparat Desa dan Kelurahan Kelola Data dan Statistik Sektoral

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral, Rabu (27/3/2019) di Aula Cakrawala.

Dihadiri Kepala Dinas Kominfo HM Farid Soufian, Kabid Statistik dan Persandian Dinas Ahmad Yunani, dan Kabid Informasi Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya, pelatihan bertujuan meningkatkan kapasitas aparat desa dan kelurahan dalam penyediaan data dan statistik sektoral.

HM Farid Soufian menyampaikan, penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai masalah. “Di antara permasalahan tersebut yaitu pada data yang tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia dan perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah, sehingga mengakibatkan data sektoral di tingkat provinsi dan nasional tidak lagi tersedia secara lengkap,” katannya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, kata Farid, melalui Bidang Statistik dan Persandian dilaksanakan pelatihan statistik bagi aparat terbawah; RT, desa, dan kelurahan yang diharapkan dapat mencari solusi optima dalam memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas dan valid untuk dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah untuk menuju Kabupaten Banjar Sejahtera dan Barokah.

”Pelatihan yang diselenggrakan hari ini merupakan pelatihan pengelolaan data sektoral, yang meliputi data keseharian masyarakat, seperti peternakan, perkebunan, yang lebih mengarah kepada potensi kelurahan desa mereka, bukan data dasar seperti dari BPS, melainkan melalui pelatihan ini kita berharap desa atau kelurahan memiliki data yang valid dan konkret pada potensi daerahnya masing-masing, untuk lebih ditumbuh kembangkan dengan SKPD terkait sebagai bahan dalam perencanaan pengembangan potensi desa kelurahannya,” kata Farid.

Ia juga menjelaskan pelatihan pengolahan data adalah sebuah terciptanya jembatan antara penyedia data dengan pengguna data untuk mendiskusikan segi substansi, metodologi, konsep dan penjelasan teknis yang digunakan oleh masing-masing instansi.

BACA JUGA :
Pemkab Banjar Sembelih 4 Sapi Qurban, Satu dari Bupati

Pada Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral tersebut disampaikan oleh pemateri Kepala Seksi Statistik Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Firman Jati Putera dan Koordinator Statistik Kecamatan Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Agung Dewi Permatasari serta dihadiri RT dan aparat Kelurahan Martapura Kota. (adv/to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top