Haul ke-32 Guru Padang, Bupati: Alhamdulillah Bisa Istiqamah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Manyur bersama Wakil, Habib Idrus Al Habsyie menghadiri peringatan Haul ke-32 KH Semman Mulia di Jalan Pangeran Abdurrahman, Martapura, Senin (31/1/2022) malam. Bersama ribuan jemaah haul yang hadir, keduanya khusyuk mengikuti rangkaian haul ulama masyur dipanggil Guru Padang yang diisi pembacaan burdah, Syair Syekh Seman, nasyid dan doa.

Disampaikan Bupati Saidi Mansyur, sejak menjabat sebagai wakil bupati hingga kini dirinya selalu mengikuti pelaksanaan Haul Guru Seman Mulia yang masyur dengan panggilan Guru Padang.

”Alhamdulillah bisa istiqamah menghadiri haul. Semoga kita semua mendapat keberkahan Shohibul haul malam ini dan diberi umur panjang sehingga bisa selalu hadir di acara yang mulia ini. Setiap tahun jemaah yang datang semakin bertambah, ini membuktikan bahwa Guru Semman Mulia merupakan ulama yang dicintai murid dan pecintanya,” ucapnya.

Sekilas tentang sosok dan pribadi Guru Padang dari penuturan beberapa ulama. Dikatakan Guru Bangil, Guru Padang ulama yang sangat dicintai masyarakat Martapura. Beliau juga dikatakan Guru Munawwar merupakan guru yang disegani muridnya. Habib Ahmad Bafaqih menyebut Guru Semman merupakan ulama yang pandai bersyukur dan tidak pernah gelisah.

Sedangkan Guru Sekumpul menyebut pamannya ini adalah seorang ulama Arif Billah yang mengenal tuhan, tawadhu dan pintar menyembunyikan ilmunya. Beliau merupakan salah satu guru pembimbing rohani (mursyid) tarekat dan merupakan khalifah dari Al Qutub Syaifullah Turki.

Sebelum meninggal beliau sempat berwasiat agar dimakamkan di Sekumpul dan berpesan agar peninggalan hartanya sepertiganya disumbangkan untuk kepentingan agama, sementara dua pertiganya untuk ahli waris dan peringatan haul beliau. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Dinas Kominfo Siap Dukung Penyebarluasan Informasi Seputar Pilkada Banjar

Berita Terbaru

Scroll to Top