Micro Bubble Bikin Pembudidaya Ikan Patin Produksi Benih Ikan Sendiri

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MICRO BUBBLE - Peresmian kawasan penerapan CBIB dengan sistem micro bubble di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura, kabupaten Banjar. (foto: zai/klik)

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Perikanan bersama Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP-KKP) meresmikan kawasan penerapan ‘Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB)’ di Jalan Irigasi, Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Senin (22/4/2019).

Kawasan penerapan CBIB dengan sistem Micro Bubble ini digadang sebagai unit percontohan sektor perikanan di Kalimantan Selatan. Tak hanya peresmian, bimbingan teknis (bimtek pembenihan ikan patin, dan pengolahan hasil perikanan juga dilaksanakan.

“Dengan begitu, pembudidaya ikan patin dapat memenuhi standarisasi CBIB maupun Cara Perbenihan Ikan yang Baik dengan meningkatkan nilai efektivitas dan efesiensi dengan inovasi dan teknologi yang terintergritas,” kata Bupati Banjar H Khaliluurahman pada seremoni peresmian yang mengusung tema ‘Untuk Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Dalam Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) Untuk Berkelanjutan Alam dan Masa Depan Anak Cucu’.

Dengan begitu, kata bupati yang kerab disapa Guru Khalil ini, pembudidaya ikan patin tidak lagi bergantung dan selalu mengambil benih ikan patin dari luar daerah.

“Harus mampu memproduksi benih ikan pantin sendiri. Karena Kabupaten Banjar sektor perikanan berkontribusi kepada PDRB kurang lebih 5 persen. Dan di 2021, sektor perikanan diharapkan mampu menyumbang sebesar 6 persen terhadap PDRB Kabupaten Banjar,” ujar Guru Khalil. (adv/zai/klik)

BACA JUGA :
Revitalisasi Jaringan Kelistrikan Istana Kepresidenan Ditarget Rampung Tahun depan

Berita Terbaru

Scroll to Top