Musrenbang untuk RKPD 2020, Galuh Tantri: Berkat Konsep Pembangunan Inklusif

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MUSRENBANG - Pembukaan musrenbang untuk penyusunan RKPD 2020 yang dilaksanakan Bappelitbang Kabupaten Banjar di Hotel Rodhita Banjarbaru.

KLIKKALIMANTAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang), melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 di Hotel Rodhita Banjarbaru, Kamis (4/4/2019).

Kepala Bappelitbang Kabupaten Banjar, Galuh Tantri Narindra menyampaikan, pembangunan beberapa tahun terakhir meningkat signifikan di hampir seluruh sektor. “Angka kemiskinan juga terus menurun. Bahkan saat ini Kabupaten Banjar adalah daerah berpenduduk miskin terendah di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut berkat konsep kebijakan pembangunan inklusif yang diterapkan. Pembangunan yang dilaksanakan tak sekadar mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tapi juga pro pertumbuhan, pro menekan angka kemiskinan, penyediaan lapangan kerja dan lainnya.

Karena itu, lanjut Tantri,  tingginya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar yakni 5,28 persen, diikuti dengan terus menurunnya angka kemiskinan.  Itulah yang disebut pembangunan yang inklusif. “Mudah-mudahan pada 2020 bisa makin dimantapkan,” ujarnya.

Ia menegaskan, Kabupaten Banjar juga mendapat porsi peran terbesar dalam pengembangan kota metropolitan di Kalsel. Karenanya perlu perencanaan arah pembangunan yang makin matang, terukur dan terarah dengan memperhatikan aspek sinergitas terhadap arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah provinsi maupun daerah tetangga. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
APDESI Keluhkan Usulan Prioritas Kerap Tak Terakomodir di Musrenbang

Berita Terbaru

Scroll to Top