Siapkan Bus Gratis Untuk Angkut Jemaah ke Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Untuk membantu jamaah ke kawasan Sekumpul, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru menyediakan bus angkutan gratis untuk jamaah Haul Guru Sekumpul ke-14 pada 9-10 Maret.

Bus Wisata tersebut dapat mengangkut 25-30 orang atau jemaah yang parkir memarkirkan kendaraannya di Lapangan Murjani Banjarbaru. Bus tersebut melayani secara bergantian, bus-bus ini siap antar dan jemput jamaah dari lokasi parkir ke titik area haul.

Kepala Dishub Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie menjelaskan, untuk operasional bus tersebut sudah disusun dan tinggal melaksanakan saja lagi.

Disebutnya, durasi waktu bus gratis ini antara pukul 13.00 WITA hingga 15.30 WITA untuk keberangkatan. “Untuk jadwal pulangnya, bus akan disiagakan di depan kantor Bank Mandiri Sei Paring dari pukul 18.30 Wita hingga selesai,” ucapnya.

Diprediksi akan dijejali jutaan jamaah yang mana sangat rentan terpisah dari rombongan di bus gratis. Yani menegaskan bahwa koordinasi dan komunikasi antara sopir bus dan jamaah akan disiapkan.

“Para jamaah baik personal atau perwakilan yang ikut bus gratis akan diberi kartu khusus. Isinya nomor polisi bus dan juga ada nomor telepon driver serta jadwal penjemputan,” infonya.

Kemudian, Yani juga turut mengatakan bahwa Dishub sudah menggelar simulasi terkait layanan antar jemput jamaah tersebut. Itu digelarnya beberapa hari lalu.

“Sudah kita lakukan simulasi. Alhamdulillah lancar. Juga didapat durasi tempuh bus dari Murjani ke lokasi haul sekitar 20 menit dengan catatan arus lalin lancar. Tapi yang diantisipasi saat kepulangan nanti,” sebutnya.

Parkir lapangan Murjani sendiri disediakan bagi para jamaah yang bertolak dari Banjarmasin hingga wilayah Kalteng. Ini digelar untuk meminimalisir volume kendaraan di Jalan A Yani menuju titik haul.

BACA JUGA :
Puskesmas Guntung Payung di Reakreditasi

Parkir di lapangan Murjani disebut Dishub sebagai alternatif parkir. Sifatnya hanya imbauan. “Kalau yang mau langsung ke lokasi (haul) kita tidak permasalahkan. Ini hanya pilihan alternatif, yang jelas kita menyediakan lahan parkir dan juga jasa angkutannya,” ujarnya.

Namun kata Yani, lapangan Murjani diperuntukkan untuk kendaraan roda empat jamaah yang volumenya besar. Seperti bus atau mobil keluarga berdimensi besar.

“Yang sifatnya rombongan besar. Misalnya bus dari Banjarmasin atau Kalteng,” katanya.

Untuk menjaga keamanan kendaraan milik jamaah di Murjani. Dishub menurunkan 15 petugas serta dibantu 40 rekanan dari Orari Banjarbaru.

“Untuk mengatur kelancaran lalin, kita total akan siagakan 70 personel. Disebar di beberapa titik rawan,” pungkasnya (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top