Bangun Septic Tank Sesuai Kreatifitas Warga

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kehadiran Septic tank Skala Komunal di sejumlah wilayah Kota Banjarbaru masih dinantikan pembangunannya kembali oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru Jaya Kreshna mengatakan bahwa pada 2019 akan kembali dilakukan pembangunan Septic Tank Skala Komunal.

“Program itu dilakukan untuk mengubah pemikiran bahwa septic tank tidak terkesan jorok dan kotor. Sekarang, bentuknya dikreasikan dan berinovasi sesuai dengan kreatifitas warga,” katanya.

Diuraikannya, pada 2018 tadi ada 162 titik dari 17 Kelurahan yang dibangunkan secara gratis septic tank dengan berbagai bentuk inovasinya. Satu septic tank bisa digunakan untuk tiga hingga lima kepala keluarga.

“Bentuknya beragam, ada yang seperti taman baca, taman bunga dan beragam karya yang indah dan bersih. Sehingga kesan jorok dan kotor tidak terlihat,” katanya.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Banjarbaru Abdus Samat menambahkan bahwa pada 2019 akan kembali dibangunkan secara gratis septic tank Skala Komunal untuk 10 kelurahan dari tiga kecamatan.

“Saat ini masih dalam proses persiapan. Selain untuk wilayah keluarganya juga direncanakan untuk wilayah pesantren,” katanya.

Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani mengapresiasi inovasi dan kreatifitas warga yang sudah dilakukan dengan mempercantik kawasan dan menghilangkan kesan jorok dari tangki septic tank.

“Harapkan kita, ini bisa mengatasi persoalan kawasan kumuh dan sanitasi yang kurang baik di Banjarbaru,” katanya. (rul)

BACA JUGA :
Musda IV LPM Kota Banjarbaru, Benhard: Bukan Sekadar Rutinitas Belaka

Berita Terbaru

Scroll to Top