Lestarikan Budaya, Banjabaru Gelar Berbagai Lomba Tradsional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COOM, BANJARBARU – Dalam rangkaian hari jadi Kota Banjarbaru ke 20 berbagai perlombaan digelar untuk memeriahkan salah satunya yaitu Lomba Tarik Tambang dan Bakiak, serta Final Lomba Balogo dan Baasin 2019.

Acara diawali dengan kegiatan senam jantung sehat yang diikuti masyarakat Kota Banjarbaru yang dilaksanakan di depan Balai Kota dan Lapangan Dr Murjani Kota Banjarbaru.

Nampak hadir dalam acara ini Ketua Formi Banjarbaru Johan Ariffin, sekaligus sebagai Kepala Dinas KOMINFO Kota Banjarbaru, kepala SKPD terkait, peserta lomba dari seluruh jajaran TNI, POLRI, siswa sekolah dasar, siswa SMP/sederajat, siswa SMA/sederajat se Kota Banjarbaru, serta masyarakat sipil yang berhadir.

Ketua Panita Slamet Riyadi melaporkan, panitia pelaksana adalah dari pejabat dan staf Disporabudpar Kota Banjarbaru, panitia hari jadi seksi pertandingan dan lomba adalah dari pejabat dan staf Diskominfo Kota Banjarbaru dan pengurus FORMI Kota Banjarbaru.

Peserta lomba yang berpartisipasi mengikuti lomba balogo sebanyak 92 tim, berasal dari Kabupaten/Kota se KALSEL dan yang berhak menjadi juara 1 adalah dari Club Sungai Besar Kabupaten Banjar, juara ke 2 diraih oleh Club HSS 11 dan jura ke 3 diraih oleh HSS 7 dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Lomba baasin antar SD/sederajat se Kota Banjarbaru sebanyak 46 peserta, lomba bakiak kategori umum/SMP/SMA/sederajat se Kota Banjarbaru adalah sebanyak 12 peserta, lomba tarik tambang antar instansi TNI, POLRI, dan Sipil se Kota Banjarbaru sebanyak 12 peserta.

Untuk Peserta yang berhasil memenangkan perlombaan berhak mendapatkan trophy dan uang pembinaan. Slamet Riyadi menjelaskan maksud dari terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk memeriahkan rangkaian kegiatan hari jadi Kota Banjarbaru serta melestarikan olahraga tradisional agar bisa berkembang di masyarakat.

BACA JUGA :
Rencana Pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Tahap Persiapan Penelitian Pelepasan Kawasan Hutan

Ketua Formi Banjarbaru Johan Ariffin, mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada pihak panitia, FORMI, serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Diselenggarakannya perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan dari hari jadi ke-20 Kota Banjarbaru.

“Mengingat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semakin banyak pula permainan-permainan yang sangat canggih dan didukung dengan teknologi tinggi, biasanya permainan-permainan ini ditujukan bagi anak-anak. Maka tak heran jika anak-anak sekarang tidak mengenal beragam permainan tradisional, padahal negara kita kaya akan seni dan budayanya,” ujarnya.(rul)

Berita Terbaru