Waspada Peningkatan Kasus DBD di Masa Peralihan Musim

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Dokter Siti Ningsih, Kabid Pelayanan Kesehatan RSD Idaman Banjarbaru.

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru mendeteksi peningkatan kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) beberapa bulan terakhir. Disebutkan Dr Siti Ningsih, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan, peningkatan pasien DBD terdeteksi sejak Agustus 2022 sebanyak 17 pasien.

Jumlah bertambah pada September 21 pasien, dan hingga pekan terakhir Oktober terdeteksi 24 pasien DBD di RSD Idaman Kota Banjarbaru. “Memang terjadi peningkatan, tapi tidak drastis,” ujarnya ditemui Jumat (21/10/2022).

Menurutnya, peningkatan kasus DBD lazim terjadi di masa peralihan musim, dari kemarau ke hujan seperti sekarang ini. Karena di masa peralihan musim, populasi nyamuk bertambah. Dan kasus DBD umumnya terjadi di wilayah yang kebersihan lingkungannya buruk.

Dipaparkan dia, 3M plus menjadi salah satu cara mencegah dan mengendalikan DBD. “Menguras penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur benda-benda yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Plusnya jangan menggantung baju dan memakai kelambu,” tuturnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Kepala DPMPTSP: Urus Perijinan Bisa dari Rumah

Berita Terbaru

Scroll to Top