Homestay Tunjang Sektor Wisata di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pondok Wisata/HomeStay, 18 – 19 Juni 2019, di Aston Ballroom, Kertak Hanyar.

Kegiatan ini bertujuan menunjang sektor wisata, sekaligus sebagai upaya Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Banjar meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

Haris Rifani, Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar berharap, melalui bimtek masyarakat mengetahui bahwa pemanfaatan rumah pribadi untuk penginapan sangat dibutuhkan untuk memudahkan wisatawan berkunjung dan memberi nilai lebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun begitu, ujar Haris, tentu tetap dengan memperhatikan mekanisme pengelolaannya. “Saat ini Kabupaten Banjar banyak memiliki destinasi-destinasi wisata, khususnya religi dan alam akan tetapi kurang fasilitas terutama penginapan. Oleh karena itu pemanfaatan rumah pribadi akan memberikan nilai lebih disamping berpotensi meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujarnya.

Menambahkan Haris, Faizal Riza, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi menyampaikan, pendirian homestay harus memperhatikan standar kebersihan, keamanan dan kenyamanan seperti halnya hotel-hotel atau penginapan yang sudah memiliki nama.

Oleh karena itu para peserta Bimtek yang berjumlah 50 orang ini akan diajak mengunjungi langsung Rindang Homstay yang ada di Kota Banjarmasin, untuk mengetahui secara langsung tata cara pengelolaan homestay agar diminati wisatawan.

“Kedepan bagi masyarakat yang mendirikan homestay bisa berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar agar kami dapat membantu pendirian homstay tersebut. Ini dilakukan untuk kemajuan ekonomi masyarakat terutama sektor wisata,” tegasnya. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Ekspos program Kerja Kecamatan Landasan Ulin, Walikota Minta Bangunan Tutupi Drainase Ditertibkan

Berita Terbaru

Scroll to Top