Forum LLAJ Balangan Segera Terbentuk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
FORUM LLAJ - Rakor rencana pembentukan Forum LLAJ dilaksanakan Dishub Kabupaten Balangan. (foto:diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar rapat koordinasi (rakor) pembentukan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Senin (5/12/2022) di kantor dinas setempat. Dibentuknya forum ini sebagai upaya menekan terjadinya permasalahan pengendara dalam berlalu lintas.

Nurhilaliyah, Plt Kepala Dishub mengatakan, rakor membahas pembentukan Forum LLAJ ini sebagai bentuk program bersama guna menuntaskan permasalahan lalu lintas. Dengan program tersebut, permasalahan pengendara dalam berlalu lintas dapat diminimalisir.

“Hal ini merupakan upaya kami dalam rangka menyinergikan kepentingan Pemerintah Kabupaten Balangan dengan kepentingan masyarakat,” kata Nurhilaliyah.

Kasat Lantas Polres Balangan, AKP Imam Suryana yang juga hadir pada rakor mengatakan, sejumlah penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di antaranya; faktor manusia, faktor kendaraan, faktor kondisi jalan, dan faktor alam.

Dari sekian banyak faktor tersebut, kata Imam, faktor kesalahan manusia menjadi penyebab tertinggi. Selanjutnya faktor kondisi kendaraan.

Dengan dibentuknya Forum LLAJ, lanjutnya, menjadi wadah kolaborasi yang diinginkan antar pemangku kebijakan untuk menekan angka kecelakaan dan memimalisir dengan tujuan untuk membangun infrastruktur jalan yang berkeselamatan. “Kami berharap melalui forum ini kita dapat melakukan rembuk untuk menyelesaikan setiap permasalahan,” pungkasnya. (mah/klik)

BACA JUGA :
Masjid di 20 Desa Terima Bantuan