DKPP Banjar Syukuran Hari Ikan Nasional di UPTD BBII Karang Intan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BERI PAKAN - Bupati Banjar H Saidi Masnyur memberi pakan ikan di sela syukurandalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional di UPTD BBII Karang Intan, Kamis (5/1/2023). (foto: ro/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menggelar syukuran, Kamis (5/1/2023) di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih dan Induk Ikan (BBII) Kecamatan Karang Intan. Syukuran digelar dalam rangka Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas).

Mengusung tema ‘Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul’, syukuran dihadiri Bupati Banjar H Saidi Masnyur ini sekaligus dalam rnagka peringatan Hari Nusantara 2023 dengan tema ‘Ekonomi Biru untuk Indonesia lebih Kuat’.

Bupati Saidi Mansyur menyampaikan, peringatan Harkanas dan Hari Nusantara tahun ini digelar tak sekadar seremonial. Namun syukuran dan silaturahmi dengan temu lapang para pelaku usaha perikanan ini seabgai upaya peningkatan produksi baru, khususnya pembudidaya milenial.

“melalui kegiatan ini diharapkan seluruh jajaran perikanan bisa merapatkan barisan, karena potensi besar perikanan yang ada di Kalsel adalah Kabupaten Banjar,” kata Bupati Saidi.

Kepala DKPP Kabupaten Banjar, H Ahmadi mengatakan, dipilihnya lokasi tersebut sebagai lantaran telah dinobatkan sebagai salah satu kampung ikan papuyu yang diresmikan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan.

“Ada 41 kolam dengan luas dua hektare ditambah dengan kolam kecil untuk pameran sebanyak 12 kolam diisi berbagai ikan seperti papuyu, patin dan nila,” ucapnya.

Merangkai syukuran, juga dilakukan peneyrahan sejumlah bantuan untuk para pebudidaya ikan tergabung dalam Kelompok Pebudidaya Ikan (Pokdatan). Bantuan yang diserahkan di antaranya; 10 paket dari Bupati Banjar kepada Pokdakan Sejahtera Desa Tungkaran Kecamatan Martapura, bantuan kolam terpal sebanyak 5 paket untuk Pokdakan Harapan Barokah Kecamatan Karang Intan.

Ada juga bantuan Bioflok dari BPBAT Mandiangin sebanyak 1 paket untuk Pokdakan Berkah Mandiri Sejahtera Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura dan bantuan benih papuyu sebanyak 10.000 dari BPBAT Mandiangin kepada Pokdakan Papuyu Sakti Desa Karang Intan Kecamatan Karang Intan. (to/klik)

BACA JUGA :
MTQ Nasional, Arus Lalu Lintas Dialihkan via Jalan Sungai Ulin - Mataraman

Berita Terbaru

Scroll to Top