Sampah Bisa Jadi Rupiah hingga Pulsa dan Token Listrik di Bank Sampah Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Dewi Heldayati, Direktur Bank Sampah Sekumpul

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sejumlah inovasi bidang persampahan dirilis Bank Sampah Sekumpul, Martapura. Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati pada sesi dialog daring dengan GPR Tv milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Selasa (17/1/2023) memaparkan inovasi-inovasi tersebut.

“Tabung sampah jadi rupiah, Tukar saldo sampah dengan sembako, Tukar saldo sampah dengan makan dan minum di kedai, Tukar saldo sampah buat bayar PDAM, listrik, BPJS, beli pulsa dan token listrik,” kata Dewi.

Dipaparkan Dewi,secara garis besar cara kerja sistem pengelolaan sampah di Bank Sampah Sekumpul adalah masyarakat melakukan pemilahan dari rumah, kemudian mendaftar menjadi nasabah dan akan diberikan buku tabungan untuk administrasi tabungannya. “Kemudian sampah dikelompokkan kembali untuk dilakukan pencacahan serta packing untuk di jual kembali,” imbuhnya.

Selain menunggu nasabah menabung sampah yang sudah dipilah, kata Dewi, pihaknya juga melakukan layanan angkutan sampah rumah tangga untuk residu dengan sistem jasa.

“Kita menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Selatan serta instansi lainnya yang tidak mengikat serta peduli untuk melakukan pemilahan sampah dari sumbernya,” pungkasnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Kerusakan Jalan Desa Tatah Amuntai akan Diperbaiki Tahun ini Sepanjang 1,8 KM

Berita Terbaru

Scroll to Top